SOLOPOS.COM - Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo. (Istimewa/Instagram)

Solopos.com, SUKOHARJO–Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo bakal memotong tujuh ekor sapi dan empat ekor kambing pada Senin (17/6/2024). Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Sukoharjo menyiapkan 500 paket daging kurban pada momen Iduladha 2024.

Sekretaris Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo, Ngatiman, mengatakan tujuh ekor sapi yang disembelih termasuk hewan kurban milik Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang diserahkan ke organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Secara umum, panitia Masjid Agung Sukoharjo telah mempersiapkan berbagai hal teknis sebelum Iduladha 1445 H. Baik persiapan Salat Iduladha, pemotongan hewan kurban hingga sistem distribusi daging kurban,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (16/6/2024).

Jumlah hewan kurban yang dipotong di Masjid Agung Sukoharjo saat Iduladha menurun dibanding 2023. Hal ini disebabkan penyumbang hewan kurban atau mudhohi yang berdomisili di sekitar Masjid Agung memilih menyumbang hewan kurban di wilayahnya masing-masing.

“Tahun lalu, kalau tidak salah ada sembilan ekor sapi. Memang jumlah hewan kurban menurun dibanding 2023. Bisa jadi, momen Iduladha berbarengan dengan masa ajaran baru sekolah yang membutuhkan dana tidak sedikit,” ujar dia.

Sementara itu, salah seorang PHBI Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Lasimin, mengatakan penyaluran daging kurban menggunakan girik atau kupon yang telah dibagikan panitia. Pembagian daging kurban diprioritaskan kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar Masjid Agung serta kaum duafa.

Lasimin menambahkan Salat Iduladha direncanakan dilaksanakan pada Senin sekitar pukul 06.00 WIB. Ustaz Abdillah Al Hafidz bakal menjadi imam salat.

Sedangkan Ketua PCNU Sukoharjo, K.H. Khomsun Nur Arif akan menjadi khatib Salat Iduladha yang juga akan diikuti unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo.

“Jumlah daging kurban diperkirakan 500 paket kantung plastik. Nanti ada panitia yang akan mengawasi penyaluran daging kurban,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya