SOLOPOS.COM - Salat iduladha di masjid sheikh zayed solo tahun ini merupakan kali pertama seusai dibuka pada Ramadha tahun ini. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Masjid Sheikh Zayed Solo menggelar kali pertama pelaksanaan Salat Iduladha 2023. Pengelola masjid juga siap apabila Presiden Jokowi mengikuti salat Iduladha di Masjid Sheikh Zayed, Kamis (29/6/2023). Jemaah diimbau datang lebih awal supaya lancar.

Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Solo, Munajat, menjelaskan belum mengetahui agenda Presiden Jokowi pada Iduladha 2023, namun pengurus diminta bersiaga. Pengurus menyambut baik apabila Presiden Jokowi salat Iduladha Masjid Sheikh Zayed Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami diminta standby karena beberapa menteri nanti dijadwalkan juga datang,” kata dia ditemui di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jumat (23/6/2023).

Menurut dia, KH Habib Muhammad bin Yahya Baraghbah akan bertugas menjadi khatib, KH Ibrahim Asfari bertugas menjadi imam, dan KH Maksum Ahmad menjadi bilal pada salat Iduladha 2023 di Masjid Sheikh Zayed Solo.

Munajat mengatakan salat Iduladha 2023 di Masjid Sheikh Zayed Solo sama seperti salat Idulfitri dengan kapasitas  10.000 jemaah di dalam dan di luar 5.000 hingga 7.000 jemaah. Jemaah diimbau datang lebih awal sebelum salat dimulai 06.30 WIB.

“Untuk salat Iduladha itu datang lebih awal kayak kemarin. Kayak kemarin kan kita Alhamdulillah banyak yang datang lebih awal jadi walaupun ada yang di jalan itu tetap tidak terlambat,” ujar dia.

Dia mengatakan lebih kurang separuh jemaah yang salat Idulfitri 2023 di Masjid Sheikh Zayed mengikuti salat Subuh. Jemaah dilarang membawa makanan masuk ke area masjid hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) tersebut.

Menurut dia, kawasan Masjid Sheikh Zayed Solo sudah dibersihkan oleh petugas. Jemaah diimbau membawa sajadah serta menjaga kebersihan kawasan Masjid Sheikh Zayed Solo.

Dia mengatakan ada sejumlah instansi yang menitipkan hewan kurban. Munajat menunggu konfirmasi sapi pemberian dari Presiden Jokowi untuk Masjid Sheikh Zayed Solo. Nantinya hewan kurban dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Solo.

“Nanti kami membagikan hewan kurban kepada masyarakat sekitar. Panitia bekerja sama dengan pengurus RT/RW,” jelas dia.

Adapun Iduladha 2023 merupakan Iduladha kali pertama sejak Masjid Sheikh Zayed Solo dibuka untuk umum oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin awal Maret 2023. Masjid Sheikh Zayed Solo menggelar salat Idulfitri 2023 dihadiri Presiden Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya