SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana dan pemandangan puncak Gunung Merapi di kawasan Objek Wisata Alam Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Sabtu (17/2/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Kawasan wisata Deles Indah, lereng Gunung Merapi, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, kian ramai pengunjung semenjak dibuka kembali pada 11 Desember 2023 lalu. Hal itu tak lepas dari daya tarik, penambahan fasilitas atau wahana, dan kondisi akses jalan yang sebagian besar sudah mulus.

Sebagai informasi, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) membuka kembali Objek Wisata Alam (OWA) Deles Indah pada Senin (11/12/2023). OWA Deles Indah berjarak 4 km hingga 5 km dari puncak Merapi dengan ketinggian 1.216 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di luar kawasan OWA Deles Indah, warga Desa Sidorejo juga sudah membuka kegiatan wisata alam. Ada banyak daya tarik di kawasan OWA Deles Indah maupun di luar kawasan yang berbatasan dengan BTNGM.

Di dalam kawasan, pengunjung bisa menikmati panorama Gunung Merapi jika kondisi puncak gunung tak tertutup awan. Selain itu, di kawasan tersebut terdapat hutan pinus yang teduh serta udaranya segar.

Selain panorama, ada daya tarik lain di kawasan tersebut seperti tracking, outbound, hingga camping. Kawasan di dalam OWA Deles Indah bakal dilengkapi lokasi campervan yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidorejo, Sukiman, menjelaskan lokasi campervan di OWA Deles Indah itu berada di kawasan hutan pinus. Kawasan campervan bisa memuat sekitar 30 mobil. Daya tarik di kawasan itu yakni suasananya yang adem di bawah pepohonan pinus yang menjulang.

Selain di dalam OWA, ada juga fasilitas campervan di luar kawasan yakni di beberapa lokasi kebun warga. Total kapasitasnya bisa memuat sekitar 50 mobil. Daya tariknya yakni pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi serta panorama perkotaan di bawahnya.

Sebelumnya, kawasan di dalam maupun di luar OWA menawarkan camping ground. Lokasi dan daya tariknya pun berbeda antara di dalam maupun di luar kawasan.

Di dalam kawasan OWA Deles Indah, pengunjung bisa berkemah di hutan pinus dan lokasi lainnya. Di luar kawasan, pengunjung bisa berkemah di kebun warga yang sudah ditata untuk lokasi camping.

“Untuk yang di luar kawasan atau tempatnya warga, pengunjung bisa camping atau live in di rumah warga,” kata Sukiman saat berbincang dengan Solopos.com di Sidorejo, Sabtu (17/2/2024).

Perbaikan Jalan menuju Lereng Merapi

Belakangan ini, jumlah pengunjung yang berdatangan ke kawasan wisata Deles Indah Klaten dan sekitarnya terus bertambah. Selain yang datang sekadar menikmati pemandangan, pengunjung yang berkemah juga bertambah. “Kalau camping itu hampir setiap pekan 50 orang ada. Itu yang di kebun warga,” kata Sukiman.

Peningkatan jumlah pengunjung itu salah satunya dipengaruhi faktor ruas jalan utama atau jalan kabupaten yang sebelumnya rusak parah kini sudah bagus berupa cor beton.

Akses Jl Deles Indah yang sebelumnya rusak parah dan sudah bagus itu terutama di wilayah Sidorejo. Namun, masih ada lokasi jalan di ruas itu yang belum tersentuh perbaikan.

Salah satu warga Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Hardiman, 29, mengatakan sudah tiga kali mengunjungi kawasan Deles Indah. Suasana kawasan tersebut saat ini jauh berbeda dibandingkan ketika dia mengunjungi tempat itu 10 tahun lalu.

“Saat ini sudah lebih bagus, lebih tertata. Kalau 2013 lalu saya pernah ke sini sangat berbeda. Dulu sepeda motor yang berangkatnya bersih, sampai sini sudah penuh debu [karena jalan rusak],” kata Hardiman.

Hardiman mengatakan suasana Deles Indah menyegarkan ditambah dengan pemandangan puncak Merapi yang ketika cerah bisa terlihat dengan jelas. “Suasananya di sini berkabut dan anginnya dingin. Ini cocok buat refreshing. Kalau di rumah lagi gabut atau suntuk, ke sini jadi nyaman,” kata dia.

Dia menjelaskan salah satu kendala menuju ke Deles Indah yakni akses. Di salah satu lokasi masih ada ruas jalan yang mengalami rusak parah. “Kekurangannya saya rasa untuk jalannya saja,” kata dia.

Jalur utama menuju Deles Indah dari Klaten yakni melintasi ruas jalan dari Pasar Kembang, Kemalang. Kondisi jalan antara Pasar Kembang dengan Deles Indah mayoritas sudah berupa cor beton.

Namun, masih ada lokasi jalan yang rusak parah dan belum tersentuh perbaikan terutama di wilayah Desa Bumiharjo. Rencananya, ruas jalan rusak sepanjang hampir 2 kilometer (km) itu diperbaiki Pemkab Klaten tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya