SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri) didampingi Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (Ketiga dari kiri) mengikuti kegiatan Relfeksi 3 Tahun Gibran-Teguh di Pendhapi Gede Balai Kota Solo, Rabu (28/2/2024). Acara bertajuk Rangkai Harmoni Tumbuh Bersinergi tersebut digelar oleh Pemerintah Kota Solo membahas dan mengulas terkait pertumbuhan ekonomi, infrastruktur, sosial, dan pariwisata yang berkaitan dengan Kota Solo. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO– Lebih dari 20 nama figur disebut berpotensi menjadi calon Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota Solo untuk Pilkada 2024.

Merespons hal itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Solo tak akan kekurangan stok pemimpin.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Bagus-bagus, kan saya sudah bilang banyak yang lebih bagus dari saya. Solo tak akan kekurangan orang pintar,” jelas Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, setelah acara Refleksi 3 Tahun Gibran – Teguh: Rangkai Harmoni, Tumbuh Bersinergi, Kamis (29/2/2024) petang.

Menurut Gibran, nama-nama yang masuk bursa calon Wali Kota Solo dan calon wakil Wali Kota Solo potensial. Gibran mendukung semua warga untuk bisa meneruskan kepemimpinan Kota Solo.

Hadir dalam acara Refleksi 3 Tahun Gibran – Teguh, Rangkai Harmoni, Tumbuh Bersinergi, empat narasumber yang menyampaikan pendapatnya mengenai 3 tahun kepemimpinan Gibran-Teguh.

Para narasumber adalah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Mulyanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Dwiyanto Cahyo Sumirat, Ketua Forum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kecamatan Banjarsari Suyanto, dan Koordinator Solo Is Solo Irul Hidayat.

Hadir para pemangku kepentingan Kota Solo. Mereka juga memberikan pandangannya mengenai 3 tahun kepemimpinan Gibran dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Gibran dan Teguh turut memberikan respons langsung.

Mulyanto menjelaskan ada tantangan bagi pengganti Gibran dan Teguh, yakni melanjutkan 17 titik pembangunan prioritas Kota Solo. Masjid Raya Sheikh Zayed dan Islamic Center dibangun dengan dana hibah Uni Emirat Arab (UEA).

“Islamic center belum tuntas dari dana hibah luar negeri. Bagaimana penggantinya bisa mengakses pendanaan berasal dari luar negeri?” jelas dia. Selain itu, lanjut dia, ada proyek yang belum tuntas yang didanai APBN, yakni rel layang Joglo.

“Berbagai revitalisasi membawa konsekuensi untuk bagaimana mengisinya. Pembangunan fisik tidak bisa bermakna ketika tidak diisi warga Solo dengan kreativitas di Solo khususnya dari industri kreatif dan ekonomi kreatif,” papar dia.

Berdasarkan diskusi Solopos.com dengan sejumlah politikus Solo dan wawancara narasumber, figur potensial Cawali-Cawali Solo mengerucut kepada 28 orang. Namun, jumlah itu masih sangat potensial untuk berkembang. Apalagi masih cukup banyak waktu menuju tahapan Pilkada Solo tahun ini.

Berikut nama-nama figur potensial Cawali-Cawawali di Pilkada Solo 2024:
1. KGPAA Mangkunagoro X
2. Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung
3. Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa
4. Rektor Unsa, Astrid Widayani
5. Caleg DPRD Solo, Rheo Yuliana Fernandez
6. Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu
7. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo
8. Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto
9. Caleg DPRD Solo, Kevin Fabiano
10. Anggota DPRD Solo, Dinar Retna Indrasari
11. Pemilik Persis Solo, Kevin Nugroho
12. Anggota DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan
13. Pengusaha tekstil Solo, Rudy Indijarto Sugiharto
14. Pemilik Rown Division, Kusdarmawan Aryo Baskoro
15. Putra Bos Rosalia Indah, Rosanto Adi
16. Ketua Hipmi Solo, Respati Ardi
17. Ketua Kadin Solo, Ferry Septha Indrianto
18. Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo
19. Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno
20. Plt Ketua DPD PSI Solo, Sonny
21. Pengusaha Solo, Bambang “Gage” Nugroho
22. Bos PT SHA, KPH Aryo Hidayat Adiseno
23. Ketua PCNU Solo, Mashuri
24. Pengusaha & pegiat sosial, Diah Warih Anjari
25. Putri KGPHA Tedjowulan, BRA Putri Woelan Sari Dewi
26. GM The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari
27. Ketua Askot PSSI Solo & Anggota Exco PSSI Jateng, Arya Surendra
28. Anggota EXCO PSSI, Muhammad Sungkar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya