SOLOPOS.COM - Kompleks Rusunawa Sukoharjo di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, pada Sabtu (15/4/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SUKOHARJO — Rumah susun sederhana sewa (rusunawa) hadir sebagai salah satu solusi dari problem sulitnya mencari hunian dengan harga terjangkau. Tinggal di rusunawa menjadi pilihan alternatif bagi sebagian keluarga yang belum mampu memiliki rumah atau mengontrak rumah tapak.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kehidupan di rusunawa memiliki kekhasan tersendiri. Salah satunya adalah hubungan sosial antawarga rusunawa yang nyaris tanpa sekat. Kehidupan seperti ini bisa menjadi berkah, namun tak jarang pula menjadi dilema.

Seperti apa dinamika tinggal di rusunawa? Solopos.com akan memotret cerita-cerita menarik dalam tulisan berseri pada Solopos Stories pekan ini.

Rusunawa berdiri di sejumlah wilayah di kawasan Soloraya. Di Kabupaten Sukoharjo, “apartemen KW” ini berdiri di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo.

Rusunawa ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada 2007 dan baru selesai dibangun sekitar awal  2012. Namun rusunawa ini baru bisa ditempati pada akhir 2014.

Di awal-awal dibuka, Rusunawa Joho sepi peminat. Kini dari 310 unit yang tersedia, 78% di antaranya sudah terisi. Rusunawa tersebut terdiri dari enam blok yang berada dalam satu kawasan.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com pada Sabtu (15/4/2023), lokasi rusunawa ini terbilang strategis, cukup dekat dengan  pusat kota kabupaten. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan naik kendaraan bermotor dari rusunawa ke  Pusat Pemerintahan Kabupaten Sukoharjo, atau hanya sekitar 3,9 kilometer.

Lokasi rusunawa cukup strategis lantaran letaknya berada dekat dengan Lapangan Joho atau berada di belakang Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sukoharjo. Bangunan yang tinggi juga mempermudah masyarakat utuk mencari lokasi Rusunawa.

Saat tiba di rusunawa, kita akan disambut tiga pintu masuk, namun hanya dua yang dapat diakses. Dengan masing-masing terdapat pos satpam tepat di dekat pintu masuk. Sementara satu pintu lainnya ditutup.

Kompleks Rusunawa yang juga berada dekat dengan persawahan itu menampakan pemandangan khas Rusunawa. Di antaranya pakaian hingga handuk yang tergantung di teralis besi di masing-masing kamar.

Lokasi kompleks yang cukup luas tersebut juga diramaikan dengan tumbuhnya rumput liar yang menghijau di setiap tapak jalan menuju blok-blok rumah tersebut. Tak jarang anak-anak kecil berusia di bawah tiga tahun terlihat wara-wiri bermain bersama rekan sebayanya.

Masing-masing blok memiliki ceritanya sendiri di antara warganya. Tak jarang mereka memilih menjalin persaudaraan mengingat mereka berada dalam satu atap yang sama.



rusunawa Joho sukoharjo
Kompleks Rusunawa Sukoharjo di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, pada Sabtu (15/4/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Saudara Satu Rumah Beda Kamar

Seksi kerohanian di Rusunawa Sukoharjo Blok D, Ida, bercerita aktivitas kehidupan di Rusunawa hampir sama seperti di perkampungan pada umumnya.

“Setiap tanggal 10 kami biasanya mengadakan pertemuan bersama untuk membahas kerja bakti dan lainnya. Hari ini kami juga mengadakan buka bersama untuk menjalin silaturahmi antar tetangga,” jelas wanita ramah ini saat berbincang di sela-sela mempersiapkan menu buka bersama.

Dia mengatkan meski penduduk di Rusunawa cukup beragam dalam satu blok yang terdiri dari 52 kamar itu, mereka lebih memilih rukun layaknya saudara. “Di sini sudah seperti saudara satu rumah hanya beda kamar,” jelas perempuan asal Jawa Timur itu.

Ida sudah tinggal di Rusunawa Joho sejak anaknya menduduki bangku SD hingga kini telah lulus SMA. Dia menceritakan banyak warga yang masih memilih tinggal di sana, hanya bagi beberapa warga yang telah mampu membeli rumah biasanya memilih pergi dari Rusunawa tersebut.

Sejauh ini, menurutnya tak ada konflik yang terjadi dalam berkehidupan bertetangga. Semuanya berjalan aman seperti biasa.

Kondisi Rusunawa Joho saat ini seperti rusunawa kebanyakan. Cat baik di langit-langit maupun temboknya banyak yang mengelupas. Namun bangunan yang telah berusia 10 tahun lebih itu terbilang masih kokoh.

Tersedia lahan parkir untuk kendaraan penghuninya yang kebanyakan berupa sepeda motor. Saat Solopos.com datang kondisinya berjejer rapi. Terdapat markah sebagai panduan agar motor bisa diparkir secara tertib.

Setiap harinya juga tertempel jadwal piket ronda dengan nama-nama tertera. Hal itu menandakan mereka cukup memikirkan keamanan di sekitar kompleks Rusunawa. Papan pengumuman juga tersedia untuk menempelkan selebaran pengumuman jadwal pembayaran hingga edaran lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Polemik Sistem KomandanTe Berlanjut, Dua Caleg PDIP Somasi KPU Karanganyar

Polemik Sistem KomandanTe Berlanjut, Dua Caleg PDIP Somasi KPU Karanganyar
author
Mariyana Ricky P.D Sabtu, 4 Mei 2024 - 09:11 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kantor KPU Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR – Dua calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Karanganyar terpilih yang terancam batal dilantik karena aturan KomandanTe, melawan.

Mereka melayangkan surat somasi kedua ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Surat somasi dilayangkan kedua caleg atas nama Suprapto Koting dari Dapil I dan Suyanto dari Dapil IV Karanganyar melalui Tim Kuasa Hukum Sri Sumanta SH dari Sumareva Law Office Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Surat somasi diserahkan secara langsung oleh Suprapto Koting kepada Ketua KPU Karanganyar, Daryono pada Jumat (3/5/2024). Dalam surat somasi yang ditandatangani Sri Sumanta itu, pihaknya mengapresiasi KPU yang telah mempedomani dan melaksanakan ketentuan sebagaimana diatur, salah satunya UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya pasal 426 ayat (1).

Sehingga, pihaknya ditetapkan sebagai caleg terpilih anggota DPRD Kabupaten Karanganyar dalam Pemilu 2024 tertanggal 2 Mei 2024.

Koran Solopos

“Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Karanganyar Nomor 722 Tahun 2024 Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten
Karanganya Pemilu 2024, menetapkan kami sebagai calon terpilih,” ujar Sri Sumanta kepada Espos pada Sabtu (4/5/2024).

Sri Sumanta menyampaikan bahwa kliennya tidak pernah membuat dan menandatangani surat pernyataan pengunduran diri sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 426 ayat 1 huruf (b) UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Serta PKPU Nomor 6 Tahun 2024 pasal 48 ayat (3) tentang Penetapan Pasangan Calon terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu dan Surat KPU Nomor: 664/PL.019-SD/05/2024 tertanggal 30 April 2024 tentang Ketentuan Calon Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri, dan atau Tidak Memenuhi Syarat Sebelum Calon Terpilih.

Emagazine Solopos

“Dari semua itu sehingga tidak ada alasan hukum apapun yang mendasari klien kami tersebut tidak dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Karanganyar periode 2024-2029,” tegasnya.

Dia menyampaikan apabila KPU dan atau pihak yang lain berupaya melakukan tindakan inskonstitusional, termasuk didalamnya memaksakan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri seolah-olah dimaknai surat pernyataan mengundurkan diri, yang jelas catat hukum, patut diduga KPU dan pihak lain telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan menyalahgunakan kewenangan.

Bahkan melakukan pemalsuan surat sebagaimana diatur dalam pasal 263 KUHP dan atau adanya dugaan pelanggaran hukum lainnya baik TUN/Perdata/Etika sebagai penyelanggara pemilu.

Interaktif Solopos

Karena itu, lanjut Sri Sumanta, pihaknya mengingatkan kembali pada KPU Karanganyar agar bertindak secara konstitusional, cermat, teliti dan hati-hati serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pihaknya meminta agar KPU menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalitas, integritas, netralitas, pakta integritas dan sumpah janji jabatan.

“Somasi ini sudah kami kirim dengan tembusan KPU RI, KPU Jawa Tengah, Bawaslu RI dan Bawaslu Jawa Tengah,” katanya.

Caleg terpilih dari PDIP, Suprapto Koting menilai KPU Karanganyar terlalu agresif dalam melangkah. Pertama sebelum penetapan caleg terpilih, KPU telah menerima surat pengunduran diri yang diajukan partai.



Bahkan KPU saat itu juga telah meminta klarifikasi ke partai, yang jelas-jelas belum ada penetapan caleg terpilih. Kemudian setelah rapat pleno penetapan caleg terpilih, KPU kembali melakukan klarifikasi ke partai terkait surat pengunduran diri.

“Ini langkah yang cukup aneh menurut saya. Wong caleg terpilih belum ditetapkan kok sudah klarifikasi ke partai. Terus ini klarifikasi lagi,” kata dia.

Suprapto mencontohkan di beberapa daerah seperti Klaten dan Brebes, KPU setempat berani bersikap menolak surat pengunduran diri yang diserahkan partai. Menurut sikap KPU Karanganyar sangat tidak etik dan melakukan pelanggaran secara administrasi.

“KPU Karanganyar seolah jadi naip (penghulu) menikahkan, tapi sudah menyiapkan surat cerainya,” katanya.

Dia meminta KPU Karanganyar tidak gegabah dalam melangkah. Dia mengancam akan menempuh jalur hukum apabila KPU nekat mengganti nama caleg terpilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (4/5/2024): Ada Abigail hingga Civil War

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (4/5/2024): Ada Abigail hingga Civil War
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 4 Mei 2024 - 08:34 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Jadwal bioskop XXI pada hari ini Sabtu, 4 Mei 2024, terutama di Kota Solo, Jawa Tengah, banyak menghadirkan film-film keren yang wajib ditonton.

Di Mei 2024, terdapat film-film keren yang bisa ditonton masyarakat. Apalagi menonton film di bioskop masih menjadi sarana hiburan yang asyik dilakukan bersama keluarga, teman, sahabat, maupun orang terkasih.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Untuk hari ini, tak ada film baru yang tayang. Namun, masih ada film keren dan apik lainnya yang wajib ditonton, seperti The Architecture of Love  (TAOL), Civil War, Abigail, Menjelang Ajal, Glenn Fredly The Movie, Dua Hati Biru, Siksa Kubur, dan Badarawuhi di Desa Penari.

Nah, berikut ini terdapat jadwal lengkap bioskop XXI di Solo pada hari ini Sabtu, 4 Mei 2024 yang menyajikan film-film keren.

Koran Solopos

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini 4 Mei 2024

1. SGM XXI

Civil War: 12.15; 14.20; 16.25; 18.30; 20.35.
The Architecture of Love  (TAOL):
12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Menjelang Ajal: 12.40; 14.35; 16.30; 18.25; 20.20.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.55; 14.15; 16.35; 18.55; 21.15.

2. Solo Paragon XXI

Abigail: 14.25; 16.30; 18.35; 20.40.
Civil War:
12.20; 14.30; 18.50.
The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Menjelang Ajal: 12.40; 14.35; 16.30; 18.25; 20.20.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.50; 16.25; 21.00.
Siksa Kubur: 12.15; 14.10; 16.35; 18.45; 20.55.

3. Solo Square XXI

The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Glenn Fredly The Movie: 12.45; 17.00; 21.15.
Dua Hati Biru: 14.50; 19.05.
Badarawuhi di Desa Penari:
11.55; 14.15; 16.35; 18.55; 21.15.
Siksa Kubur: 12.00; 14.15; 16.30; 18.45; 21.00.

Emagazine Solopos

4. The Park XXI

Abigail: 12.15; 14.20; 16.25; 18.30; 20.35.
Civil War: 12.35; 14.40; 16.45; 18.50; 20.55.
The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Menjelang Ajal: 12.40; 14.35; 16.30; 18.25; 20.20.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.50; 16.25; 21.00.
Siksa Kubur: 14.10; 18.45.

Sementara itu, untuk jadwal bioskop XXI di kota lainnya pada hari ini Sabtu, 4 Mei 2024, kamu bisa klik di sini.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

10 Berita Terpopuler: PDIP Wonogiri Ajukan Pengunduran Diri 6 Caleg-ODGJ Ngamuk

10 Berita Terpopuler: PDIP Wonogiri Ajukan Pengunduran Diri 6 Caleg-ODGJ Ngamuk
author
Rohmah Ermawati Sabtu, 4 Mei 2024 - 08:23 WIB
share
SOLOPOS.COM - Koordinator Kesekretariatan DPC PDIP, Firas Febriawan (kiri), menyerahkan berkas pengusulan pengunduran diri enam caleg kepada Komisioner KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, di Aula KPU Wonogiri, Kamis (2/5/2024) malam. (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI—Ulasan tentang DPC PDIP Wonogiri mengajukan pengunduran diri enam nama calon anggota legislatif atau caleg DPRD Wonogiri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Sabtu (4/5/2024).

Berita terpopuler tersebut membeberkan pengajuan pengunduran diri itu disampaikan saat rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Wonogiri hasil Pemilu 2024 di Kantor KPU Wonogiri, Kamis (2/5/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

PDIP menyerahkan nama-nama caleg yang mengundurkan diri itu sesaat sebelum KPU Wonogiri menandatangani berita acara penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih anggota DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024.

Koordinator Kesekretariatan DPC PDIP Wonogiri, Firas Febriawan, mengatakan ada enam caleg yang diusulkan mengundurkan diri. Enam caleg itu meliputi Margono dan Yukanan Supriyanto dari daerah pemilihan (dapil) I, Ruderikus Wiwoho Adi Sasono dari dapil II.

Koran Solopos

Kemudian Yudhi Sri Cahyono dari dapil III serta Rusdiana dan Endri Sulistyowati dari dapil IV. Semua caleg yang diusulkan mengundurkan diri merupakan caleg terpilih yang ditetapkan KPU Wonogiri kecuali Endri Sulistyowati.

Caleg PDIP nomor urut enam di dapil IV ini turut diusulkan mengundurkan diri karena perolehan suara by name atau perorangan tepat di bawah Rusdiana yang ditetapkan sebagai caleg terpilih.

Akan tetapi, perolehan akumulasi suara partai Endri pada sistem KomandanTe yang diterapkan PDIP lebih rendah dibandingkan caleg lain. Jika Endri tidak diikutsertakan dalam pengunduran diri itu, dia yang akan menggantikan Rusdiana.

Emagazine Solopos

Padahal ada caleg lain yang perolehan suara partainya lebih tinggi dibandingkan Endri dan berhak menggantikan Rusdiana. “Nama-nama yang mengundurkan diri itu karena perolehan suaranya memang rendah dalam KomandanTe,” kata Firas saat ditemui Solopos.com di Kantor KPU Wonogiri, Kamis (2/5/2024).

Firas melanjutkan caleg yang diajukan mengundurkan diri itu akan diganti caleg yang memperoleh suara partai di wilayah teritorial terbanyak sesuai penerapan strategi pemenangan KomandanTe.

Selain ulasan tentang PDIP ajukan pengunduran diri enam nama caleg DPRD Wonogiri, kabar lain tentang rumah di Klaten terbakar gegara charger ponsel, Rina Iriani dorong tokoh perempuan maju Pilkada, nama-nama caleg terpilih di Soloraya, hingga ambulans asal Klaten kecelakaan di Tol Batang juga masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Interaktif Solopos
Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu (4/5/2024):

DPC PDIP Wonogiri Ajukan Pengunduran Diri 6 Caleg, Cek Daftar Namanya

Gegara Charger Ponsel, 1 Rumah di Klaten Selatan Nyaris Ludes Terbakar

KPU Sragen Klarifikasi PDIP Terkait Pengunduran Diri Caleg Terpilih



Rina Iriani Dorong Tokoh Perempuan Ramaikan Pilkada Karanganyar

Sedang Ramai Soal KomandanTe PDI Perjuangan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Daftar Nama Caleg Terpilih DPRD Wonogiri yang Ditetapkan KPU, PDIP Terbanyak

ODGJ Ngamuk Keliling Kampung Bawa Arit di Suruhkalang Karanganyar

KPU Sragen Datangi Kantor DPC PDIP

Ambulans asal Klaten Kecelakaan di Tol Batang-Semarang, 1 Orang Meninggal

PDIP Gunakan KomandanTe, Dua Caleg PDIP Terpilih Karanganyar Batal Dilantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories