SOLOPOS.COM - Suasana salah satu kawasan Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sabtu (3/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sekitar lima anak-anak dan remaja tertangkap basah melakukan aksi vandalisme dengan mencoret-coret dinding di kawasan wisata Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Ada dua kali penangkapan pelaku aksi vandalisme di objek wisata lereng Gunung Merapi itu. Pertama pada Jumat (4/8/2023), kemudian penangkapan kedua pada Minggu (6/8/2023). Para pelaku itu kemudian diminta menghapus tulisan yang sudah dibikin dan meminta maaf.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pelaku vandalisme ada yang usia remaja serta anak-anak dan berasal dari luar wilayah Kecamatan Kemalang. “Sudah ditangkap dan diminta menghapus tulisan. Hari ini [Minggu, 6/8/2023] ada lagi kemudian diminta mengecat. Pelaku masih anak-anak dan sudah minta maaf,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidorejo, Sukiman, Minggu.

Kawasan wisata Deles Indah di Kemalang, Klaten, kerap menjadi sasaran vandalisme. Aneka tulisan tidak jelas itu ditemukan di beberapa lokasi seperti gardu milik Balai Taman Nasional Gunung Merapi, toilet umum, omah camp, serta tembok dan pagar di kawasan lereng Gunung Merapi itu.

Warga berharap tak ada lagi aksi vandalisme yang membikin keindahan kawasan wisata itu rusak. “Biasanya ditemukan tulisan identitas kelompok. Motif pelaku itu iseng ingin menampilkan nama kelompok dan pribadi,” kata Sukiman.

Kawasan Deles Indah di Kemalang, Klaten, yang kerap jadi sasaran vandalisme itu sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata alam. Kawasan itu menawarkan sejuknya udara dengan pemandangan kawasan lereng Gunung Merapi yang masih asri.

Dari Deles Indah, pengunjung bisa menikmati panorama gagahnya puncak Gunung Merapi. Alam Deles Indah masih asri. Di beberapa lokasi, vegetasi yang mendominasi yakni pohon pinus. Sesekali terlihat kawanan monyet ekor panjang.

Belakangan, warga mengangkat lagi potensi wisata Deles Indah. Salah satu daya tarik wisata yang dikembangkan warga yakni paket camping. Bukan camping biasa, ada paket camping yang memberikan pengalaman baru dengan tinggal hingga mengikuti aktivitas sehari-hari denan membaur bersama masyarakat selama berada di Deles Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya