SOLOPOS.COM - Ketua MPC Pemuda Pancasila Karanganyar, Disa Ageng Alifven saat diwawancara di sela-sela Harlah ke-64 Pemuda Pancasila di Balai Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karanganyar pada Sabtu (28/10/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar 2024, sejumlah nama-nama pendatang baru (newcomer) mulai bermunculan bakal ikut berkompetisi dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Mereka datang dari tokoh pemuda hingga kalangan pengusaha non-partai. Salah satunya nama Ketua MPC Pemuda Pancasila Karanganyar, Disa Ageng Alifven. Belakangan, nama tokoh pemuda ini ramai dibicarakan di tataran elite politik bakal meramaikan bursa Pilbup Karanganyar pada November 2024 mendatang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebelumnya, nama-nama tokoh politik telah beredar masuk radar Pilbup Karanganyar 2024, di antaranya Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Rinto Subekti; Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rober Christanto; Ketua DPC PDIP Karanganyar sekaligus Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo; Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani; dan Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Toni Hatmoko.

Terkait dirinya disebut-sebut maju ke kursi bupati pada Pilbup Karanganyar 2024, Disa Ageng Alifven, enggan menanggapi serius. Disa menegaskan jika sampai saat ini dirinya bukan sebagai kader parpol manapun.

“Saya masih fokus di Pemuda Pancasila. Artinya juga masih fokus di dunia usaha,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (30/10/2023).

Disa juga mengaku sampai saat ini belum ada satupun parpol yang menjalin komunikasi atau melakukan penjajakan dengannya dalam persoalan pemilihan bupati. Namun, Disa tak memungkiri dekat secara personal dengan anggota partai politik.

“Jadi terkait isu nama saya di bursa pilbup, saya klarifikasi saya tidak masuk parpol manapun. Saya tidak terlibat dalam kegiatan parpol manapun dan masih fokus di Pemuda Pancasila,” kata putra politikus senior PDIP Karanganyar yang kini anggota DPR, Paryono ini.

Namun demikian saat ditanya lebih jauh apabila diberikan amanah untuk menjadi calon bupati Karanganyar baik melalui jalur parpol maupun independen, Disa mengatakan sebagai anak bangsa siap menjalankan.

“Sebagai anak bangsa siap menjalankan tugas mulia dan kalau itu bermanfaat untuk masyarakat luas,” katanya.

Disa Ageng Alifven merupakan putra sulung mantan Wabup Karanganyar yang kini anggota DPR dari PDIP, Paryono. Meski menyandang status sebagai anak pejabat, Disa terdidik untuk hidup mandiri. Disa menggeluti dunia usaha yang dirintisnya sendiri hingga namanya melambung di Karanganyar.

Pria kelahiran Karanganyar 5 Juli 1994 ini bahkan dipercaya memegang tampuk pimpinan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Karanganyar sejak 26 Agustus 2019. Berkat kepemimpinannya di PP Karanganyar, namanya kini banyak menjadi perbincangan. Sosoknya yang tegas, muda dan lantang dalam berdiplomasi, rupanya banyak menyita perhatian publik di Bumi Intanpari.

Memegang sebuah organisasi besar di usia muda memang bukan perkara mudah. Namun Disa mengaku hal itu bukan sebagai beban lantaran dunia organisasi bukan hal yang asing baginya.

“Saya sejak sekolah, memang sudah aktif untuk ikut berorgansasi. Dari organisasi ini saya belajar banyak tentang kemajemukan dan kompleksitas masalah,” katanya.

Berikut ini profil Disa Ageng Alifven:

Nama Lengkap: Disa Ageng Alifven.

Tanggal Lahir: 5 Juli 1994.

Status: Berkeluarga, dua orang anak.

Riwayat Organisasi: Sapma PP, Ketua MPC PP Karanganyar.

Profesi: Pengusaha.

Pendidikan:

Lulusan Ponpes Assalam.

S1 Ekonomi Manajemen UNS.

Menempuh S2 Perberdayaan Masyarakat UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya