SOLOPOS.COM - Desain revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) tahap awal, yakni kawasan Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan, Selasa (4/7/2023). PKL Alun-alun utara sementara akan dipindah selama proses revitalisasi.(Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Revitalisasi kawasan Keraton Solo yang akan dilakukan pemerintah pada tahap awal akan menyasar alun-alun Selatan dan Utara, karena menjadi salah satu ikon Kota Solo. Ada sejumlah penataan usaha mikro kecil dan menengah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Pedagang-pedagang enggak ada yang pindah sama sekali, namun kita memikirkan pedagang-pedagang itu dengan memberikan fasilitas yang lebih baik. Tenda mereka kita percantik, kita tata, bahkan kami berpikir membuat permanen supaya mereka enggak kesusahan menata untuk jualan,” ujar Putra Mahkota Keraton Solo K.G.P.A.A. Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram, seusai rapat tertutup dengan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Solo, Selasa (4/7/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia mengatakan para PKL di Alun-alun Utara Solo akan dipindahkan di tempat lain sementara waktu. Nantinya pedagang dikembalikan setelah revitalisasi Alun-alun Utara rampung.

“Desainnya cukup bagus karena mengusung konsep pedestrian jadi kayak masyarakat Solo dan sekitarnya itu bisa jalan di Alun-alun ya kan seperti di taman gitu. Alun-alunnya juga dipercantik,” ujar dia.

Menurut dia, Alun-alun Utara akan direvitalisasi tanpa pagar supaya masyarakat bisa menikmati tata kota dan tata Keraton Solo yang dipercantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya