SOLOPOS.COM - Sebanyak 160 siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gedongan Colomadu saat berkunjung ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Rabu (14/6/2023). (Istimewa/Humas UMS)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 160 siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gedongan, Colomadu mengunjungi perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Rabu (14/6/2023). Kegiatan tersebut untuk mengisi jeda semester setelah mengikuti ujian akhir tahun sekaligus mengenalkan literasi kepada para siswa.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, kegiatan kunjungan tersebut disambut oleh Pustakawan sekaligus Kepala Urusan Tata Usaha Perpustakaan UMS, Ana Wahyuni dengan mengenalkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan UMS yang telah terakreditasi A itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami juga ajak ke lantai III, di sana ada koleksi referensi, ada periodikal. Kami juga mengenalkan mainan edukasi. Jadi kami memberikan wawasan kepada mereka bahwa perpustakaan itu tidak hanya buku semuanya, tetapi juga bisa menggunakan internet, bisa menggunakan komputer sesuai apa yang kita mau. Bahkan kita juga bisa bermain,” jelas Ana Wahyuni.

Selain itu, para siswa MIM Gedongan tersebut juga dikenalkan dengan keunggulan internet, cara memanfaatkan internet, hingga memperlihatkan tugas akhir para mahasiswa. Tak hanya itu, mereka juga dikenalkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki di Perpustakaan UMS, seperti Online Publish Access Catalogue (OPAC), Scopus Corner, Mendeley Corner, Internet Corner, dan fasilitas lainnya.

Menurut Ana, antusiasme para siswa cukup tinggi. Kebanyakan para siswa menyukai internet corner dan ruang referensi beserta permainan edukasinya.

Guru Kesiswaan MIM Gedongan, Rahmad Arif Wibowo, menjelaskan agenda outing class tersebut ditujukan mengenalkan literasi dan memberikan motivasi belajar kepada para siswa.

Dengan adanya kegiatan berkunjung ke Perpustakaan UMS, Arif berharap para siswa akan semakin mencintai dunia literasi serta menumbuhkan minat membaca.

“Harapannya ke depan semoga anak-anak semakin mencintai dunia literasi, baik itu menulis dan yang lainnya, gemar membaca, dan selalu mengisi kegiatan dengan hal-hal positif,” harap Arif.

Salah seorang siswa, Badranaya Nalendra  C.W atau yang akrab dipanggil Nendra, juga mengungkapkan rasa senangnya berkunjung ke Perpustakaan UMS. Dia bercerita, ketika berkunjung, mereka diajari berbagai hal.

Selain itu, menurutnya berada di Perpustakaan UMS seru lantaran buku yang disediakan cukup komplet. Tak hanya itu ia juga mengaku diajarkan bagaimana mencari lokasi negara dalam globe yang tersedia.

Lebih lanjut, Nendra juga merasa senang karena mendapatkan kenang-kenangan dari perpustakaan atas keberhasilannya dalam menjawab kuis yang diberikan oleh Pustakawan UMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya