SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Karanganyar baru akan membuka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati pada awal Mei 2024 nanti. Pendaftaran akan dibuka untuk umum.

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan proses penjaringan dan penyaringan bakal calon bupati dan calon wakil bupati paling lambat selesai pada 31 Mei 2024. “Pendaftaran akan kami buka awal Mei. Tapi kami juga masih menunggu dari DPD PDIP Jateng apakah nanti dibuka bersamaan atau bagaimana,” kata dia, Minggu (14/4/2024).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bagus Selo mempersilakan siapapun yang hendak mencalonkan diri maju di Pilkada Karananyar 2024 dari PDIP untuk memasukkan lamaran. Pendaftaran dibuka untuk umum baik kader PDIP maupun nonkader. PDIP tidak memiliki kriteria khusus bagi para pelamar. Yang terpenting pelamar memenuhi syarat pencalonan sesuai ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tidak ada syarat khusus harus ini dan itu. Sing penting sesuai KPU termasuk syarat usianya,” kata dia.

Bagus memastikan seluruh berkas pendaftaran bakal calon yang diterima akan diverifikasi kelengkapannya. Kemudian berkas tersebut akan diteruskan DPC PDIP ke DPP melalui DPD untuk dilakukan proses penyaringan.

Dalam proses ini, bakal calon akan dipanggil DPD PDIP untuk diwawancara secara langsung. Keputusan siapa bakal calon yang ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati di Pilkada Karanganyar 2024 tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kami tinggal menunggu siapa calon yang akan diusung PDIP. Kami tegak lurus keputusan partai,” kata Bagus.

Disinggung apakah Bagus Selo juga akan memasukkan lamaran sebagai bakal calon bupati Karanganyar, ia menyatakan selaku ketua DPC tidak mendaftarkan diri. Kecuali ada penugasan dari partai, maka dia siap maju.

Sebagai informasi, PDIP sebagai pemenang Pemilu 2024 di Karanganyar dengan memperoleh 15 kursi legislatif, memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon sendiri. Meski demikian, PDIP tetap membuka pintu koalisi dengan partai politik mana pun termasuk parpol nonparlemen.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Partai (DPD) II Partai Golkar Karanganyar telah menetapkan Ilyas Akbar Almadani sebagai calon bupati (cabup) Karanganyar. Golkar merupakan partai dengan raihan suara terbanyak kedua di Karanganyar setelah PDIP.

Nama Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar, ditetapkan dalam surat perintah yang ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Bahkan Ilyas diundang dan mendapatkan pembekalan langsung dari Airlangga pada 6 April lalu.

Ilyas mengatakan komunikasi dengan parpol lain terus dijalin. Selepas Lebaran ini, partainya segera mendeklarasikan calon yang akan diusung Partai Golkar di Pilkada Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya