SOLOPOS.COM - DPC PDIP dan DPC PKB Karanganyar meneken kesepakatan bersama untuk Pilkada 2024 pada Sabtu (15/6/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, KARANGANYAR–Setelah DPD PKS, DPC PDIP Karanganyar melanjutkan safari politiknya ke DPC PKB dan DPC Gerindra setempat pada Sabtu (15/6/2024). Safari politik dilakukan sebagai upaya menjajaki koalisi di Pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November nanti.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, jajaran pengurus DPC PDIP memulai safari politiknya ke DPC PKB sekitar pukul 10.00 WIB. Di kantor Sekretariat DPC PKB, terjadi pertemuan hangat saat kedua belah pihak bertemu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Namun ada yang berbeda saat safari politik di DPC PKB, kedua partai ini meneken kesepakatan bersama (MOU) untuk Pilkada nanti.

Nota kesepakatan bersama ditandatangani Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo dan Ketua DPC PKB Sulaiman Rosyid dengan disaksikan pengurus stuktural masing-masing partai tersebut.

Dalam surat kesepakatan bersama ini kedua partai menyepakati tentang Pilkada Karanganyar. Poin-poin kesepakatan nantinya akan ditindaklanjuti dengan komunikasi lebih lanjut.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Bagus Selo, menyampaikan sebagai sebuah partai, PKB telah mendaftarkan dua kadernya mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati (Cawabup). Masing-masing, Ketua Dewan Syuro Tony Hatmoko dan Ketua DPC PKB, Sulaiman Rosyid.

Pendaftaran dua kader PKB sebagai bakal Cawabup ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan penandatanganan kesepakatan bersama terkait dengan Pilkada.

“Kami menandatangani kesepakatan antarpartai. Namun keputusan tetap berada di DPP masing-masing. Termasuk mengenai koalisi,” katanya.

Menurut Bagus Selo, antara DPC PDI Perjuangan dan PKB memiliki platform perjuangan yang sama dalam membangun dan memajukan Karanganyar.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Karanganyar, Sulaiman Rosyid, menuturkan kesepakatan bersama ini merupakan awal kerja sama dengan DPC PDIP Karanganyar dalam proses Pilkada.

Perjanjian kesepakatan bersama ini, sepenuhnya mendapatkan dukungan dari seluruh pengurus yang akan diteruskan hingga ke ranting dan anak ranting.

“Ini langkah awal. Mengenai apa kesepakatan, nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Termasuk siapa yang akan diusung dalam Pilkada mendatang dari kedua partai,” katanya.

Selepas pertemuan dengan DPC PKB, pengurus DPC PDIP melanjutkan safari politiknya di kantor Sekretariat DPC Partai Gerindra. Sama dengan ke DPC PKB, kunjungan ke Gerindra untuk menyatukan visi misi Pilkada 2024.

Pada pertemuan dengan Partai Gerindra, Bagus Selo menjanjikan akan membangun kantor DPC Partai Gerindra yang lebih representatif jika nanti berkoalisi memenangkan Pilkada Karanganyar.

Menurutnya secara visi misi antara PDIP dan Gerinda memiliki kesamaan. Sesuai arahan dari pusat, terangnya, ada permasalahan yang menjadi fokus PDIP Karanganyar seperti penanganan stunting, pengentasan pengangguran dan kemiskinan serta mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Intanpari.

Ketua DPC Gerindra Karanganyar, Adhe Eliana, menyampaikan sangat menyambut hangat kedatangan jajaran pengurus DPC PDIP. Selain menjalin silaturahmi juga dalam rangka menyamakan visi misi dan gagasan untuk Pilkada Serentak 2024.

Menurutnya apa yang ditawarkan dalam rangka pilkada nantinya yang terpenting adalah kesejahteraan masyarakat.

Di kesempatan itu, Adhe berharap ada kader internalnya yang menjadi calon wakil bupati apabila nantinya Gerinda sepakat bergabung dengan PDIP di Pilkada Karanganyar 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya