SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengunjungi Objek Wisata Umbul Pengging, Boyolali, pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) bakal menggelar acara padusan di dua lokasi yakni Umbul Tirto Marto Pengging dan Umbul Tlatar, Sabtu-Minggu (9-10/3/2024).

Berbagai acara bakal memeriahkan tradisi padusan mulai dari kirab budaya hingga hiburan musik dangdut bagi masyarakat. Kepala Disporapar Boyolali, Budi Prasetyaningsih, menyampaikan pada Sabtu akan ada tradisi ritual padusan di Umbul Tirto Marto Pengging, Banyudono.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Tradisi yang kirab ada di Pengging. [Rutenya] Dari Kecamatan Banyudono sampai objek wisata Umbul Tirto Marto. Kemudian nanti ada arak-arakan. Untuk acara ritualnya padusan di Umbul Tirto Marto,” jelas Ning dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (7/3/2024).

Ning mengungkapkan tradisi padusan di Umbul Tirto Marto rencananya dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Boyolali, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), serta komunitas budaya.

Tradisi padusan bakal dimulai dengan kirab budaya yang melibatkan 150 orang dari kalangan birokrat, Mas-Mbak Boyolali, komunitas, Ketua Dewan Adat Keraton Solo, dan lainnya. Ning menjelaskan tujuan ritual padusan adalah untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat.

“Jadi itu adalah tradisi budaya yang harus tetap dilestarikan. Kemudian memajukan pariwisata di Kabupaten Boyolali dengan memberikan wadah kepada masyarakat untuk tetap melestarikan tradisi tersebut,” jelas Ning.

Selain menggelar tradisi padusan, Disporapar Boyolali juga menggelar acara hiburan untuk masyarakat saat padusan selama dua hari.

“Kalau untuk ritual satu hari, tetapi untuk acara padusan karena ada beberapa atraksi itu dua hari dari tanggal 9-10 Maret 2024, hari Sabtu dan Minggu. Hiburannya ada tari tradisonal, ada musik,” jelas dia.

Lokasi hiburan pertama berada di Umbul Sungsang, Pengging. Di sana akan ada pentas musik selama dua hari dengan menampilkan Fajar Musik Ent, Minis Musik, Jukasua Band, dan Dynamic Band.

Sementara itu, untuk acara tradisi padusan di Objek Wisata Umbul Tlatar, Boyolali, juga akan dihibur lewat penampilan pentas musik dari Yellow Official Music.

“Imbauan kami untuk calon pengunjung jaga keselamatan karena ini adalah wisata air. Meskipun kami juga menyediakan ada beberapa personel untuk menjaga keselamatan di air,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya