SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek infrastruktur (Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan membangun gedung kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) pada tahun ini. Gedung tersebut diperkirakan menelan anggaran Rp5 miliar.

Rencananya kantor baru Diskominfo dibangun di lahan seluas 2.000 meter persegi, bekas Dinas Peternakan dan Lingkungan Hidup.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Diskominfo Karanganyar, Isnan Nur Aziz, mengatakan akan memiliki kantor baru di tahun ini. Pembangunan kantor Diskominfo sudah ditetapkan dalam APBD Kabupaten Karanganyar senilai Rp5 miliar.

“Kantor bupati akan dilakukan restrukturisasi tahun 2025 mendatang. Jadi kami minta agar kantor Diskominfo dibangun terlebih dahulu,” kata Isnan, Jumat (12/1/2024).

Isnan mengatakan Diskominfo merupakan pusat data Pemkab Karanganyar. Sehingga butuh bangunan kantor yang representatif. Sementara ini, Isnan menambahkan kantor Diskominfo masih menginduk di gedung kantor Setda Karanganyar.

“Belum memiliki gedung sendiri,” imbuh Isnan.

Isnan mengatakan gedung Diskominfo akan dibangun dua lantai. Bangunan tersebut dikonsep lebih mengutamakan pengembangan data center dan ruang server.

Selain itu juga akan dilengkapi dengan ruang rapat Sambernyowo Information Center (SIC) yang biasanya digunakan untuk rapat secara online atau zoom meeting. Menurutnya keberadaan kantor Diskominfo masih sangat kurang representatif.

“Sebagai salah satu pusat data dan pelayanan publik, Kantor Diskominfo kurang representatif,” katanya.

Tahap Penyusunan DED

Saat ini, proses pembangunan gedung kantor Diskominfo masih tahap penyusunan detail engineering design (DED). Selepas itu pembangunan gedung mulai dikerjakan.

“Kami telah menerima anggaran Rp100 juta untuk biaya DED. Nanti tinggal dilakukan pembangunan kantor,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan ada tiga kantor pemkab yang akan dibangun tahun ini, yakni Diskominfo, Inspektorat dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Untuk pembangunan kantor Dishub, Asihno mengatakan merupakan tahap kedua. Pembangunan tahap pertama, ujar Asihno sudah selesai pada bulan November 2023 lalu.

“Ada tiga gedung itu yang akan kita bangun tahun 2024. Masih ada tiga gedung lain yang masih dalam perencanaan. Masing-masing Dispermades, Lingkungan Hidup, serta kantor bupati,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya