SOLOPOS.COM - Ratusan penerima beasiswa Sintawati dikumpulkan di Pendopo Taman nDayu Park Sragen, Sabtu (27/1/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com SRAGEN – Ada kabar baik bagi para mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dari keluarga tidak mampu di Sragen. Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen membuka pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa PTN di Pulau Jawa. Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret-30 Agustus 2024 di Gerai MPP UPTPK/Kantor UPTPK Kabupaten Sragen.

Menurut informasi yang dikutip Solopos.com, dari laman sragenkab.go.id, sasaran beasiswa ini adalah mahasiswa D3/D4/S1 dari keluarga miskin dan anak ASN Golongan I dan II di wilayah Kabupaten Sragen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Enaknya, tidak ada ketentuan minimal semester yang ditempuh, namun KHS (Kartu Hasil Studi) tidak boleh ada yang kosong, kecuali ada surat keterangan dari Dekan sesuai dengan Program Studi.

Hanya mahasiswa reguler yang boleh mendaftar, tidak untuk mahasiswa yang menempuh semester pendek, make up, semester ulang, atau studi lanjut (hanya skripsi).

Syarat lainnya dan berkas permohonan beasiswa yang harus disiapkan dapat Anda unduh di sini, diajukan paling lambat 30 Agustus 2024.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman uptpk.sragenkab.go.id dan sragenkab.go.id atau menghubungi nomor Whatsapp 081229279445.

Sebagai informasi, selama 12 tahun Pemkab Sragen telah mengalokasikan total Rp12,116 miliar untuk beasiswa bernama Sintawati tersebut. Dari awalnya hanya Rp200 juta/tahun di 2012, lalu meningkat menjadi Rp447,2 juta di 2013 dan naik terus hingga jadi Rp1,2 miliar/tahun di 2015 hingga 2023. Namun di 2024 ini anggarannya dipangkas Rp200 juta jadi hanya Rp1 miliar.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Finuril Hidayati, pada 27 Januari 2024 lalu mengatakan selama 12 tahun itu ada 388 mahasiswa dari keluarga miskin yang mendapat beasiswa Sintawati. Mereka semua kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), termasuk yang kuliah di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Soloraya di Gemolong, Sragen.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyatakan akan menaikkan anggaran beasiswa tersebut pada 2025 menjadi Rp 3 miliar. “Beasiswa yang diberikan kepada para mahasiswa yang kurang beruntung ini menjadi anugerah tersendiri. Kalau hanya Rp1,2 miliar per tahun bagi anak-anak Sragen dirasa sedikit. Di akhir masa tugas, saya minta Pak Sekda untuk menganggarkan dana pendidikan bagi anak-anak Sragen untuk kuliah dari Rp1,2 miliar menjadi Rp3 miliar per tahun. Ini dicatat ya!” ujar Bupati di Pendapa Taman Ndayu Park Sragen, Sabtu (27/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya