SOLOPOS.COM - Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali 2023 di Alun-alun Pancasila Cepogo, Sabtu (8/7/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Ajang tahunan pemilihan  Mas Mbak Boyolali 2024 bakal kembali digelar pada 2024 ini. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam lomba duta wisata Boyolali tersebut bisa mendaftar pada 26 April-27 Juni 2024.

Dikutip dari Guide Book Pemilihan Mas Mbak Boyolali 2024, tertulis terdapat beberapa persyaratan untuk mengikuti ajang tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dimulai dari persyaratan umum yaitu peserta merupakan warga Boyolali atau berdomisili di Boyolali, lalu belum pernah menikah dan tidak akan menikah selama menjabat sebagai Duta Wisata Boyolali.

Syarat selanjutnya yaitu pendidikan minimal SMA/sederajat, berkelakuan baik, peserta berusia minimal 16 tahun maksimal 25 tahun terhitung Juli 2024, tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan minimal 160 cm untuk perempuan. Selanjutnya, peserta juga bersedia mengikuti rangkaian pemilihan Mas Mbak Boyolali 2024.

Tak hanya itu, ada pula persyaratan administrasi seperti wajib follow official account instagram @masmbakboyolali, mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran yang dapat diunduh melalui web https://linktr.ee/masmbakboyolali atau klik bio instagram @masmbakboyolali, mengumpulkan satu lembar fotokopi/scan KTP/KIA/kartu pelajar.

“Mengumpulkan satu lembar surat keterangan berdomisili di Boyolali dari RT/RW jika peserta berdomisili di Boyolali atau bukan ber-KTP Boyolali,” tulis dalam guidebook halaman 2 seperti yang dikutip Solopos.com, Senin (27/5/2024).

Selanjutnya, peserta juga mengumpulkan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae, mengumpulkan satu lembar surat izin orangtua atau surat rekomendasi instansi. Template untuk surat izin orang tua dapat diunduh lewat laman https://linktr.ee/masmbakboyolali.

Kemudian, peserta diminta untuk mengumpulkan fotokopi atau scan piagam kejuaraan tiga tahun terakhir semisal ada. Lalu, mengumpulkan foto dengan ketentuan yaitu foto close up dan foto seluruh badan terbaru, mengenakan pakaian batik berlatar belakang putih, foto berukuran 4R dan masing-masing foto dikumpulkan dua lembar.

“Tidak diperkenankan dengan kamera handphone dan menggunakan editing berlebihan,” kata dia.

Kemudian, untuk pendaftaran bisa dilaksanakan secara daring dan luring. Untuk alur pendaftaran luring atau offline, peserta bisa langsung datang ke kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali tepatnya di bidang pemasaran.

Calon peserta bisa datang di saat jam kerja dengan menyerahkan berkas pendaftaran dan mengisi formulir yang disediakan. Untuk peserta Mas, berkas bisa dimasukkan pada map biru dan peserta Mbak dimasukkan pada map merah.

Lalu, untuk peserta yang mendaftar secara daring atau online bisa mengunduh formulir pendaftaran di Instagram @masmbakboyolali. Peserta menyiapkan berkas-berkas sesuai dengan ketentuan, formulir yang telah diisi.

“Semua berkas masing masing di-scan dan dijadikan format PDF. Kemudian mengisi form pendaftaran online serta melakukan upload berkas online pada link https://bit.ly/Daftar-Online-MMB2024 atau cek di bio instagram @masmbakboyolali,” jelas dalam guidebook.

Periode pendaftaran peserta Mas Mbak Boyolali dimulai 26 April-27 Juni 2024. Lalu, teknikal meeting digelar pada 29 Juni, babak penyisihan pada 30 Juni. Lalu, karantina pada 4-6 Juli 2024 dan dilangsukan dengan malam penobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya