SOLOPOS.COM - Evakuasi pendaki asal Kalideres Jakarta yang mengalami kram kaki saat di pos 3 Gunung Lawu, Rabu (28/6/2023) dini hari. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR– Seorang pendaki asal Kalideres, Jakarta Barat, Rifki Naslahu Maulana, 19, mengalami cedera kaki saat mendaki Gunung Lawu tepatnya di Pos 3 Cemoro Kandang, Tawangmangu pada Selasa (27/6/2023).

Korban terpaksa dievakuasi oleh tim SAR Gabungan lantaran tak bisa berjalan. Proses evakuasi dilakukan pada Selasa malam.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Korban berhasil dievakuasi ke Basecamp Pos Cemoro Kandang pada Rabu (28/6/2023) dini hari. Komandan Markas SAR Karanganyar Arif Sukro Yunianto mengatakan korban bersama dua rekannya mendaki Gunung Lawu melalui Pos Cemoro Kandang, Tawangmangu pada Selasa pagi.

Namun, sesampainya di Pos 3, langkah korban terhenti setelah mengalami kram kaki. Hingga membuat kakinya sulit digerakkan.

“Dua temannya mencoba mencari pertolongan ke pendaki lain. Dan melaporkan ke basecamp Cemoro Kandang,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (28/6/2023).

Sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL) yang berada di basecamp Cemoro Kandang menindaklanjuti dengan laporkan ke SAR Karanganyar. Kemudian dilakukan operasi gabungan untuk mengevakuasi korban. Proses evakuasi dimulai pukul 18.30 WIB. Evakuasi dilakukan dengan ditandu oleh tim gabungan.

“Selama proses evakuasi cuaca sedikit gerimis. Suhu udara juga cukup dingin sehingga butuh waktu,” kata dia.

Korban, lanjut dia, berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan pukul 02.00 WIB. Setibanya di basecamp Pos Cemoro Kandang, korban langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan. Korban selanjutnya mendapat penanganan dari tim medis di Puskesmas Tawangmangu.

“Hari ini rencana korban mau pulang ke Jakarta. Jadi memang rombongan tiga pendaki itu naik Selasa dan rencana turun Rabu ini. Tapi di tengah perjalanan mengalami cedera kaki,” katanya.

Dia mengingatkan kepada pendaki untuk mewaspadai cuaca dingin di puncak Lawu. Saat ini suhu udara di Puncak Lawu bisa mencapai 3 derajat Celcius. Suhu udara sedang dingin-dinginnya yang diperkirakan akan terjadi sampai Agustus nanti.

“Jadi siapkan mental dan fisik. Kemudian perbekalan juga harus dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya