SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono, menyebut Presiden Joko Widodo potensial memimpin Partai berlambang pohon beringin. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Posisi sejumlah calon legislatif (caleg) petahana DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV terancam gagal kembali melenggang ke Senayan. Perolehan suara sementara mereka disalip habis-habisan oleh sejumlah caleg pendatang baru.

Hal ini diperoleh berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara sementara yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui situs resminya, pemilu2024.kpu.go.id, per Sabtu (17/2/2024) pukul 14.50 WIB. Hingga rentang waktu tersebut sudah 62,11% suara atau 6.531 dari 10.516 TPS yang masuk.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Diketahui ada tujuh caleg petahana yang bersaing di Dapil Jateng IV yang juga disebut-sebut dapil neraka. Dapil ini meliputi Karanganyar, Sragen dan Wonogiri. Para petahana itu adalah Luluk Nur Hamidah dari PKB; lalu Bambang Wuryanto, Agustina Wilujeng Pramestuti, Paryono, dan Dolfie O.F.P. dari PDIP; Endang Maria Astuti dari Partai Golkar; dan Hamid Noor Yasin dari PKS.

Sejauh ini Luluk Nur Hamidah mengantongi 22.047 suara, Bambang Wuryanto 45.142 suara, Agustina Wilujeng Pramestuti 29.720 suara, Paryono 45.350 suara, dan Dolfie O.F.P 59.906 suara. Kemudian Endang Maria Astuti mengantongi 31.480 suara, dan Hamid Noor Yasin 37.418 suara.

Sementara perolehan suara caleg pendatang baru DPR Dapil IV Jawa Tengah seperti caleg dari Partai Golkar, Juliyatmono, yang meraup 55.761 suara. Suara mantan Bupati Karanganyar jauh mengungguli caleg incumbent dari internal  Golkar, Endang Maria Astuti.

Dari PDIP, caleg pendatang baru Diah Pikatan O. Putri Haprani yang merupakan cucu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, meraih 44.925 suara. Suara itu mengalahkan caleg incumbent PDIP, Agustina Wilujeng Pramestuti yang meraup 29.720 suara.

Sedangkan perolehan suara sementara caleg incumbent dari PKS, Hamid Noor Yasin, bersaing ketat dengan Hadi Santoso, si pendatang baru. Hamid mengantongi 37.418 suara, sedangkan Hadi Santoso 37.659 suara.

Caleg dari Partai Demokrat, Rinto Subekti, sementara ini meraih suara tertinggi dengan 60.786 suara. Ketua DPD Partai Demokrat Jateng ini melesat menggungguli caleg petahana lainnya.

Rinto Subekti pernah menjadi anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah IV periode 2014-2019. Kemudian di kontestasi pemilu 2019-2024, Rinto kalah bertarung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya