SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar lahan kosong di Colomadu pada Kamis (20/7/2023). (Istimewa/Damkar Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Perum Ngasem Baru Blok A RT005 RW011 Colomadu, Karanganyar, pada Kamis (20/7/2023), nyaris kebakaran setelah api melahap lahan kosong di kawasan perumahan tersebut. Warga setempat panik sebelum petugas pemadan kebakaran dengan cepat memadamkan api hingga tidak menyebar luas.

Kasi Damkar Satpol PP Karanganyar, Efan R. Pratama, mengatakan kebakaran lahan kosong terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu ada warga setempat yang membersihkan lahan kosong. Ia mengumpulkan sampah lalu membakarnya.Pada saat membakar sampah, angin bertiup sangat kencang. Api kemudian merembet ke sampah kering yang ada di sekitar lahan kosong hingga terjadi kebakaran. “Kami menerima laporan langsung ke lokasi,” kata dia.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pemadaman lahan kosong dilakukan oleh tim gabungan dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Karanganyar, Solo, dan Boyolali. Mereka juga dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar serta sukarelawan setempat. Api dengan cepat berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun kejadian ini sempat membuat warga perumahan panik dan ketakutan. Mereka khawatir api merembet ke permukiman padat penduduk ini.

Atas kejadian ini dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan. Jika membakar sampah jangan ditinggal, pastikan api telah padam sebelum pergi. Belakang ini, dia mengatakan kasus kebakaran lahan mendominasi laporan ke Pemadam Kebakaran Karanganyar. Dalam sehari bisa terjadi dua kasus kebakaran lahan. Penyebabnya karena membakar sampah.

“Tetap hati-hati dan waspada terhadap bahaya kebakaran. Apalagi saat ini, musim kemarau. Jangan asal membakar sampah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya