SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Karanganyar membersihkan pohon jati tumbang yang menimpa kandang dan gudang milik warga di Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Minggu (18/2/2024). (Istimewa/BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR–Kandang ternak dan gudang milik warga di Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, ambruk tertimpa pohon tumbang pada Minggu (18/2/2024) petang.

Pohon jati di Kalijirak, Tasikmadu, tersebut tumbang setelah diterjang hujan deras disertai angin kencang. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan hujan disertai angin kencang terjadi Minggu sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat itu tiba-tiba pohon jenis jati di wilayah Gunung Watu, Kalijirak, ambruk dan menimpa bangunan gudang dan kandang ternak milik warga setempat. “Kami langsung ke lokasi setelah menerima laporan ada pohon tumbang,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (19/2/2024).

Petugas BPBD lokasi untuk melakukan pembersihan material pohon tumbang. Pembersihan dilakukan personel BPBD dibantu sukarelawan dari berbagai organisasi di Karanganyar, dengan menggunakan gergaji mesin.

Petugas memotong bagian per bagian batang pohon tersebut. Hingga petugas berhasil menbersihkan material pohon tumbang tersebut. “Pohon jati cukup besar, sudah dievakuasi anggota BPBD bersama relawan dan masyarakat,” katanya.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban. Hanya bagian atap bangunan gudang ukuran 3 x 6 meter dan bangunan semipermanen kandang ukuran 3×4 meter, rusak. Ditaksir kerugian mencapai jutaan rupiah.

Dia menuturkan, prediksi dari BMKG cuaca ekstrem akan terjadi dalam kurun waktu Januari hingga Februari 2024. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat supaya berhati-hati dan waspada akan bencana tanah longsor, banjir dan angin puting beliung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya