SOLOPOS.COM - Petugas gabungan merazia knalpot tak standar pada malam pergantian tahun di Sukoharjo, Minggu (31/12/2023).(Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Seratusan kendaraan yang tidak menggunakan knalpot standar atau knalpot brong disita menjelang perayaan pergantian tahun 2024 pada Minggu (31/12/2023) malam.

Polres Sukoharjo bersama instansi terkait berhasil mengamankan sedikitnya 118 kendaraan dalam operasi gabungan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasi Humas Polres Sukoharjo Kompol Daryanta mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, Senin (1/1/2024) dini hari, mengatakan operasi digelar sesuai perintah Kapolda Jawa Tengah. “Ada 118 unit kendaraan yang diamankan dari beberapa titik lokasi di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” ucap Kompol Daryanta.

Daryanta membeberkan ratusan kendaraan tersebut dirazia di 12 lokasi yang tersebar dijajaran Polsek, baik di Kartasura, Grogol, Sukoharjo hingga kecamatan lainnya. Semua kendaraan yang tidak standar itu mendapatkan sanksi tilang oleh jajaran Sat lantas Polres Sukoharjo. Sementara barang bukti diamankan di Mapolres Sukoharjo.

Sebelumnya, Polres Sukoharjo telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan konvoi dan menggunakan knalpot brong. Hal itu dilakukan karena mengganggu kenyamanan masyarakat.

Sedikitnya ada 400 personel yang dikerahkan dalam pengamanan pergantian tahun tersebut. Pengamanan turut menggandeng TNI, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan dalam pemantauan aktivitas masyarakat pada malam pergantian tahun. Sejumlah personel dipusatkan di tiga Pos Pengamanan (Pospam) di Kartasura, Grogol, dan Sukoharjo.

Sementara itu sejumlah jalan di Sukoharjo pada malam perayaan pergantian tahun sempat ditutup. Ruas-ruas jalan itu digunakan sebagai lokasi Car Free Night di antaranya di seputar Alun-alun Satya Negara Sukoharjo yakni di Jalan Anggrek dan Veteran yang ditutup pada Minggu (31/12/2023) sejak pukul 21.00 WIB hingga selesai.

Selain itu di Solo Baru tepatnya di sepanjang Jalan Bacem atau Patung Pandawa menuju Tanjung Anom ditutup pada waktu yang sama. Kemudian di Kartasura ruas jalan yang ditutup dengan waktu yang sama dilakukan di Jalan Slamet Riyadi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com aktivitas pergantian tahun di Sukoharjo terpusat di Grogol. Kepadatan lalu lintas sempat terjadi dari arah Sukoharjo menuju Solo tepatnya di Jl Brigjen Sudiarto. Selain lantaran pengalihan arus yang digunakan untuk car free night, genangan air di bibir jalan akibat guyuran hujan pada Minggu malam turut menambah kemacetan jalan. Sejumlah petugas dikerahkan untuk mengurai kepadatan arus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya