SOLOPOS.COM - Murid kelas X MAN 1 Solo , Hanindawan Abdullah, menunjukkan prototipe De Ras yang merupakan sistem monitoring deteksi bencana banjir Kota Solo berbasis Internet of Things (IoT) saat pameran lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) di Solo Technopark, Senin (7/5/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Murid Kelas X MAN 1 Solo, Hanindawan Abdullah dan Farah Aulia, menjadi Juara I pada lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2024 kategori pelajar yang diselenggarakan Pemkot Solo, Rabu (8/5/2024). Mereka membuat prototipe De Ras yang merupakan sistem monitoring deteksi bencana banjir Kota Solo.

Lomba Krenova diikuti 123 peserta kalangan pelajar dan masyarakat umum namun hanya 80 orang yang lolos seleksi administrasi dan proposal. Mereka mempresentasikan inovasi kepada juri dan memamerkan prototipe selama dua hari, Selasa (7/5/2024) sampai Rabu.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Staff Ahli Wali Kota Solo Bidang Keuangan dan Pembangunan Hery Mulyono menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Krenova. Pemkot Solo memberikan hadiah untuk juara I sampai III berupa tunai, trofi, dan piagam, masing-masing juara I Rp5 juta, juara II Rp4 juta, dan juara III Rp 3 juta.

Pemkot Solo juga memberikan hadiah Rp2,5 juta bagi juara harapan I dan Rp2 juta untuk juara harapan II. Selain itu, para pemenang berkesempatan mengikuti lomba Krenova tingkat provinsi hingga nasional. Mereka akan mendapatkan pendampingan dari Pemkot Solo.

Prototipe De Ras yang membawa Hanindawan Abdullah dan Farah Aulia meraih Juara I Krenova 2024 merupakan sistem monitoring deteksi bencana banjir Kota Solo berbasis Internet of Things (IoT). Prototipe ini memudahkan warga untuk merespons cepat banjir.

Prototipe De Ras terdiri atas komponen dengan tiga sensor, masing-masing sensor debit air, hujan, arus air. Sensor itu akan mengirimkan sinyal ke aplikasi Telegram pada kondisi tertentu.

Hanindawan menjelaskan ide membuat prototipe De Ras terinspirasi dari data sekitar 21.000 warga terdampak banjir di Jawa Tengah tahun lalu dan 14 kelurahan terdampak banjir di Kota Solo. De Ras diharapkan dapat membantu warga yang kerap terdampak banjir.

Butuh waktu satu bulan untuk riset De Ras. Perakitan prototipe dan coding dilakukan Hanindawan dan Farah sekitar 1,5 bulan. Prototipe itu sudah ditawarkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo dan PMI Kota Solo.

Berikut daftar pemenang lomba Krenova 2024

Kategori Pelajar

  • Juara I dari MAN 1 Solo
  • Juara II dari SMPN 1 Solo
  • Juara III dari SMP Muhammadiyah PK Kottabarat
  • Juara Harapan I SMA Islam Diponegoro
  • Juara Harapan II MA Al Islam Jamsaren

Kategori Masyarakat

  • Juara I Sheva Maresca dari Masyarakat Serengan
  • Juara II dari Politeknik ATMI
  • Juara III Ademas dan Adeyasa dari Masyarakat Pasar Kliwon
  • Juara Harapan I Erlangga Prakoso dari masyarakat Banjarsari
  • Juara Harapan II Litasya dan Tsanya dari Universitas Sebelas Maret
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya