SOLOPOS.COM - Suasana di kawasan Alun-alun Selatan, Solo, terlihat dari ketinggian, Rabu (2/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO — Proyek pengerjaan revitalisasi Alun-alun Utara dan Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai dilelang. Penandatangan kontrak antara pemenang lelang dan pengguna anggaran direncanakan pada 26 September 2023.

Pantauan Solopos.com di laman layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sabtu (19/8/2023), nilai pagu anggaran lelang penataan kawasan Keraton Solo yakni Rp39. 598.500.000. Namun, nilai harga perkiraan sendiri (HPS) paket senilai Rp36.735.126.942,97.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat ini, proses lelang dalam tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga. Proses lelang penataan kawasan Keraton Solo diikuti oleh 160 peserta. Tahap selanjutnya, penetapan pemenang lelang yang diumumkan pada 11 September 2023. Kemudian, masa sanggah mulai 11-16 September 2023. Jika tak ada peserta lelang yang menyanggah maka dilanjutkan penandatangan kontrak antara pemenang lelang dan pengguna anggaran pada 26 September 2023.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, Kuswara, mengatakan pengerjaan revitalisasi alun-alun menggunakan kontrak tahun jamak atau multiyears. Pengerjaan proyek direncanakan mulai Oktober 2023 hingga Juni 2024. “Dana dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata dia, belum lama ini.

Menurut Kuswara, pengerjaan revitalisasi Alun-alun Utara berbarengan dengan Alun-alun Selatan. Tim perencanaan teknis penataan kawasan Keraton Solo bakal berkonsultasi dengan perwakilan Keraton untuk mematangkan detail desain.

Alun-alun direvitalisasi untuk mengembalikan bentuk awal dengan menggunakan pasir pantai selatan dan tanpa pagar. Ada pula jalur pedestrian untuk pejalan kaki di sekitar Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Sebelumnya, penandatangan kerja sama dilakukan Pemkot Solo, Keraton Solo, dan BPPW Jawa Tengah pada awal Agustus lalu. “Penataan kawasan Keraton Solo menyasar Alun-alun,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut proyek revitalisasi Alun-alun merupakan salah program prioritas Pemkot. Dia memperkirakan proyek revitalisasi mulai dikerjakan pada Oktober.

Sesuai lini masa, pengerjaan proyek revitalisasi Alun-alun ditarget rampung Juni 2024. “Mungkin Oktober sudah mulai dikerjakan. Waktu yang tersisa untuk pemindahan pedagang,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya