SOLOPOS.COM - Calon haji (calhaj) tertua di Sukoharjo, Surachman Achmat Basuki, menghadiri acara pamitan haji di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Rabu (5/6/2024) sore. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang purnawirawan TNI, Surachman Achmat Basuki, menjadi calon haji tertua asal Sukoharjo yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Pria berusia 85 tahun dan lima bulan tersebut berangkat bersama-sama calhaj lain dari Sukoharjo pada Rabu (5/6/2024).

Surachman duduk di deretan bangku paling depan saat acara pamitan calhaj di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Rabu sore itu. Saat unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo tiba di lokasi acara, nama Surachman sempat disebut oleh pembawa acara.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Surachman lantas berdiri dari kursi. Dia berjalan kaki pelan di hadapan unsur Forkopimda Sukoharjo. Sejurus kemudian, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menghampirinya. Etik memakaikan jaket merah yang menjadi bekal sekaligus tanda khusus para calhaj asal Sukoharjo.

Raut muka Surachman seketika berubah. Dia kembali berjalan pelan menuju kursi yang didudukinya semula. Dia pun membagikan resep untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat ke Makkah. “Hampir tiap pagi, saya jalan kaki di sekitar rumah. Kadang setengah jam. Agar kondisi tubuh semakin bugar dan sehat,” kata dia.

Purnawirawan TNI ini berangkat menunaikan rukun Islam kelima tak sendirian. Dia berangkat menunaikan haji ditemani sang istri. Mereka bakal berangkat ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, akhir pekan ini.

Warga Dusun Ganggasan, Desa Demakan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, itu mengaku sudah menunggu selama 12 tahun untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji. “Saya mendaftar di Kantor Kemenag Sukoharjo pada 2012. Ini impian saya sekaligus kewajiban sebagai muslim. Alhamdulillah, terealisasi pada tahun ini,” papar dia.

Sementara itu, seorang petugas haji daerah (PHD) Sukoharjo, Kunari Mahanani, mengatakan para calhaj telah melakukan manasik haji dan menerima vaksin polio serta meningitis. Ratusan calhaj asal Sukoharjo juga dibekali makanan kering yang tahan lama untuk tambahan lauk selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya