SOLOPOS.COM - Suasana Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Ratusan ribu wisatawan membanjiri puluhan destinasi wisata di Klaten selama libur perayaan Natal. Umbul Pelem masih menjadi destinasi wisata air yang paling dibanjiri pengunjung.

Umbul Pelem merupakan destinasi wisata air di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sumber Kamulyan. Destinasi wisata itu menawarkan berbagai wahana permainan air, kolam renang, serta menjadi jujugan untuk terapi kesehatan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Desa (Kades) Wunut, Iwan Sulistya Setiawan, mengatakan kunjungan ke Umbul Pelem meningkat drastis selama libur Natal yang berbarengan dengan liburan sekolah. Tren melonjaknya jumlah pengunjung terjadi sejak Sabtu (23/12/2023).

Iwan memerinci pada Sabtu jumlah pengunjung mencapai lebih dari 5.000 orang. Jumlahnya meningkat pada Minggu (24/12/2023) dan Senin (25/12/2023) masing-masing 7.109 orang dan 7.331 orang.

Sementara, jumlah pengunjung pada Selasa (26/12/2023) sebanyak 4.920 orang dan Rabu (27/12/2023) sebanyak 4.320 orang.

“Kalau dibandingkan dengan kunjungan pada libur akhir pekan biasa seperti setiap hari Minggu memang perbandingannya tidak terlalu besar. Kunjungan pada hari Minggu biasanya lebih dari 5.000 orang. Tetapi, kalau dibandingkan hari kerja, kunjungan saat liburan kemarin [pada Minggu-Senin (24-25/12/2023)] peningkatannya bisa empat hingga lima kali lipat. Alhamdulillah ada peningkatan luar biasa,” kata Iwan saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (28/12/2023).

Jumlah pengunjung dimungkinkan masih tinggi pada akhir pekan ini. Pasalnya libur Tahun Baru masih berbarengan dengan liburan sekolah.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, menjelaskan ada peningkatan jumlah pengunjung ke destinasi wisata di Klaten. Objek wisata air di Klaten masih menjadi primadona wisatawan berlibur ke Klaten.

Di Klaten, ada sekitar 49 destinasi wisata air. Selain wisata air, ada wisata alam hingga cagar budaya. “Untuk dominasi pengunjung masih berada di Umbul Pelem,” jelas Nugroho.

Dia menjelaskan lonjakan jumlah pengunjung dimungkinkan masih terjadi pada akhir pekan ini hingga libur Tahun Baru. “Prediksi kami masih dimungkinkan terjadi kenaikan jumlah pengunjung karena masih momen liburan sekolah,” ungkap dia.

Sekretaris Disbudporapar Klaten, Purwanto, mengatakan jumlah total pengunjung destinasi wisata di Klaten selama dua hari libur Natal pada Minggu-Senin (24-25/12/2023) mencapai 128.528 orang.

Menurutnya, jumlahnya dimungkinkan lebih besar dibandingkan angka tersebut lantaran belum semua pengelola destinasi wisata melaporkan jumlah kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya