SOLOPOS.COM - Ratusan siswa mengikuti kegiatan Roadshow Literasi Anak Karanganyar (Rolasan) di SMK Negeri Jenawi pada Senin (2/10/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan siswa SMK Negeri Jenawi dan SMP Negeri 1 Jenawi antusias mengikuti Roadshow Literasi Anak Karanganyar (Rolasan) yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar, Senin (2/10/2023).

Kegiatan bertajuk Rolasan #6 di SMK Negeri Jenawi ini merupakan inovasi Disarpus guna meningkatkan budaya gemar membaca di kalangan pelajar Kabupaten Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Disarpus Karanganyar, Nurhayati, mengatakan Rolasan menjadi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk meningkatkan budaya literasi sebagaimana diatur dalam UU Nomor 43 Tahun 2007. Salah satu isinya menyebuk Pemerintah Daerah berkewajiban menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan masyarakat membaca, masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan tentu meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan,” kata dia kepada Solopos.com.

Nurhayati mengatakan kegiatan Rolasan dikemas dengan berbagai acara seperti pentas seni dari masing-masing sekolah, dan Serunya Perpustakaan Keliling (Seruling) melalui membaca buku bersama.

Disarpus menyiagakan dua mobil perpustakaan keliling di lokasi. Para siswa kemudian diajak membaca buku koleksi milik Perpustakaan Karanganyar. Selain itu para siswa juga mengikuti kegiatan Serundeng (Serunya Dongeng Bareng) sekaligus meningkatkan minat baca para siswa.

“Kami juga melakukan sosialisasi layanan perpustakaan digital lewat ePusda Kab Karanganyar. Jadi baca buku bisa di mana saja tinggal mengunduh aplikasi lewat PlayStore,” sambung Nurhayati.

Dia mengatakan kegiatan Rolasan ini cukup efektif dalam meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar. Disarpus melakukan upaya jemput bola dengan roadshow ke sekolah-sekolah.

Rolasan ini telah berjalan sebanyak lima kali dimulai di SDN 2 Papahan, SDN 1 Papahan, MI Muhammadiyah Karanganyar, SMAN Kebakkaramat, SMPN 1 Karanganyar, dan SMKN Jenawi. Selanjutnya Rolasan#7 akan digelar di SMAN Kerjo pada 5 Oktober nanti.

Kegiatan Rolasan ini, lanjut dia, bekerjasama dengan Istana Dongeng Nusantara (IDN) Solo, Koran Solopos, dan Radio Solopos. “Antusias pelajar sangat tinggi mengikuti kegiatan ini. Mereka memenuhi perpustakan mobil keliling di lokasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya