SOLOPOS.COM - Ratusan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Merdeka Karanganyar mendeklarasikan dukungan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Bulurejo, Gondangrejo, Karanganyar pada Selasa (31/10/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan petani di Kabupaten Karanganyar yang tergabung dalam kelompok Tani Merdeka mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal calon presiden (capres)- bakal calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Deklarasi dukungan digelar di area persawahan di Bulurejo, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar pada Selasa (31/10/2023) sore. Hadir dalam deklarasi tersebut Ketua Umum DPP Tani Merdeka, Don Muzakir, dan sejumlah pengurus DPC Partai Gerindra Karanganyar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jabatan Dewan Pembina DPC Tani Merdeka Karanganyar, dipegang Wawan Pramono. Sementara Ketua DPC Tani Merdeka Karanganyar dijabat Arif Afianto.

Wawan mengeklaim dalam deklarasi itu ada 500 petani yang menyatakan mendukung Prabowo-Gibran di Pemilu 2023. Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Karanganyar. Kelompok Tani Merdeka menilai pasangan Prabowo-Gibran mampu menyelesaikan persoalan-persoalan pertanian seperti kelangkaan pupuk sampai regenerasi petani.

“Pupuk selama ini masih menjadi momok bagi para petani. Dari harga pupuk bersubsidi yang mahal sampai kelangkaan pupuk. Butuh solusi nyata untuk masalah ini, dan kami yakin pak Prabowo bisa mengatasi itu,” kata dia di sela deklarasi.

Selain kelangkaan pupuk, persolaan pertanian yang nyata saat ini adalah minimnya regenerasi petani. Melalui dibentuknya Tani Merdeka ini diharapkan juga mampu memunculkan petani-petani milenial. Wawan berupaya membantu adanya regenerasi petani sehingga Indonesia tak akan mengalami krisis pangan.

Ketua DPC Tani Merdeka Karanganyar, Arif Afianto, mengatakan dipilihnya Gondangrejo sebagai lokasi deklarasi karena wilayah tersebut kurang diperhatikan pemerintah. “Kami ingin petani di Gondangrejo makmur seperti di wilayah lain di Karanganyar,” kata dia.

Ketua DPP Tani Merdeka, Don Muzakir, mengatakan Tani Merdeka merupakan sebuah organisasi sosial yang di dalamnya menaungi petani, nelayan, pembudidaya ikan, dan lainnya. Gerakan Tani Merdeka ini dibentuk untuk kesejahteraan petani.

“Kami optimis Prabowo Subianto bisa memperjuangkan kesejahteraan petani, mulai dari ketersediaan pupuk, penjualan hasil bumi, metode pengolahan lahan, dan sebagainya, yang tujuannya untuk kesejahteraan petani,” kata dia.

Tani Merdeka, sambungnya, menjadi wadah untuk mennyejahterakan petani dan siap mendukung Prabowo yang berjanji menuntaskan persoalan-persoalan petani. Don juga sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat mendukung Prabowo.

“Luar biasa sekali semangat petani, mereka mendukung Prabowo dan berharap di bawah kepemimpinan Prabowo lebih sejahtera,” ungkap Don Muzakir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya