Perayaan Imlek, Kelenteng Poo An Kiong di Solo Makin Cantik

Kelenteng Poo An Kiong di Jl. Yos Sudarso No.122, Jayengan, Serengan, Kota Solo yang juga di pasangi lampion-lampion menjelang Imlek 2019. Foto diambil Jumat (1/2 - 2019).(Solopos/Ratih Kartika)
04 Februari 2019 04:13 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO-Bau cat yang baru digunakan langsung menguar ketika mencapai pintu masuk Kelenteng Poo An Kiong di Jl. Yos Sudarso No.122, Jayengan, Serengan, Kota Solo, Jumat (1/2/2019). Tahun ini Kelenteng tersebut mendapatkan investor dari Jakarta yang bersedia mengecat seluruh ruangan tersebut. Alhasil, ruangan di dalam klenteng terlihat mengkilap.

Salah satu penjaga Kelenteng Poo An Kiong, Sri Soenanti, mengatakan tahun ini ruangan di seluruh kelenteng tersebut dicat. Pengecatan dilakukan karena ada bantuan dari investor asal Jakarta. "Kebetulan seluruh ruangan dicat dengan dana investor dari Jakarta. Biasanya kan hanya investor dari sekitaran Solo untuk pengadaan lampion-lampion itu. Biasanya investor akan menyumbang sekitar untuk pengadaan lampion, dan pengadaan listrik. Nama-nama investor akan dipasang di lampion-lampion itu," ujar Sri saat berbincang dengan Solopos.com di dekat pintu masuk kelenteng, Jumat.

Terdapat ratusan lampion yang terpasang di dalam, di luar , maupun di jalan-jalan sekitar kelenteng. Menurut Sri, lampu-lampu klenteng akan dimatikan setelah semua penjaga selesai berjaga pada pukul 21.00 WIB. Kelenteng akan dibuka pukul 06.00 WIB apabila Sri memiliki teman untuk menjaga kelenteng. Apabila tidak ada teman, Sri akan mulai membuka klenteng pukul 07.00 WIB.

"Kalau untuk hari-hari sebelum Imlek biasanya dibuka jam segitu. Kalau udah malam menjelang imlek baru dibuka 24 jam. Kegiatan itu sudah sejak 200 tahun lalu,"perempuan yang sudah menjaga kelenteng tersebut selama 30 tahun ini.

Di kelenteng tersebut tidak ada perayaan khusus Imlek. Hanya berdoa dan pemasangan lampion. Perayaan atau doa akan dilakukan Selasa (5/2/2019) di Hari Imlek, sembayang bersama pada Selasa (12/2/2019), dan terakhir sembahyang di Hari Cap Go Meh.

"Di sini [Kelenteng Poo An Kiong] jemaat bisa datang untuk berdoa bersama. Kalau mau bawa makanan atau buah silahkan. Kalau makanan atau buah mau dibawa pulang lagi ya silahkan. Kalau buat jamaah biasanya banyak dari sekitar sini, [Kecamatan Serengan], luar Solo, Solo Baru, Sukoharjo, dan lainnya," jelas Sri.

Sri berharap di Tahun Babi saat ini semua umat dapat hidup damai dan sejahtera. Semua orang bisa sukses, pekerjaan lancar, tidak ada keributan dalam menghadapi Pemiluhan Umum (Pemilu) 2019.

Salah satu pengunjung kelenteng, Erna Sri Dewi, mengatakan terkadang dia sembahyang di Klenteng Poo An Kiong."Mungkin nanti saya akan datang ke sini saat Imlek. Nanti tergantung kondisi ya," ujar salah satu karyawan swasta ini kepada Solopos.com.