KPU Sukoharjo Akhirnya Bisa Bernapas Lega

KPU Sukoharjo melakukan pengesetan logistik pemilu ke kotak suara di gedung Budi Sasono, Kamis (4/4 - 2019). Pengesetan dikebut menjelang pelaksanaan pemilu yang tinggal 13 hari lagi. (Solopos/Indah Septiyaning W.)
05 April 2019 03:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo akhirnya bisa bernafas lega menyusul diterimanya logistik surat suara untuk pemilihan DPRD kabupaten pada Kamis (4/4). KPU pun segera mengebut penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut. Ditargetkan sortir dan pelipatan surat suara pemilu rampung dalam sepekan mendatang.

Dengan diterimanya surat suara pemilihan DPRD kabupaten itu maka permasalahan logistik surat suara pemilu di Kabupaten Sukoharjo rampung. Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan logistik surat suara pemilihan DPRD kabupaten diterima pada Kamis (4/4). "Sortir surat suara masih kami lakukan selanjutnya akan dilakukan pelipatan. Jadi belum tahu jumlah yang diterima," katanya.

Nuril mengatakan sortir dan pelipatan surat suara DPRD kabupaten ini membutuhkan ketelitian yang lebih. Hal ini mengingat terdapat lima daerah pemilihan (Dapil) di Sukoharjo. Oleh karena itu jangan sampai surat suara yang dimasukkan dalam kotak suara tertukar antara dapil satu dan lainnya sehingga bisa mengganggu pelaksanaan pemungutan suara. Nuril menargetkan logistik surat suara sudah didistribusikan ke PPK paling lambat pekan depan.

Sejumlah strategi disiapkan guna mengantisipasi keterlambatan logistik surat suara. Antisipasi yang disiapkan KPU antara lain akan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna mempercepat distribusi logistik. Selain itu, KPU akan menambah tenaga sortir dan lipat sehingga diharapkan prosesnya selesai secepatnya.

Saat ini KPU juga mulai mencicil melakukan pengesetan logistik yang dimasukkan ke dalam kotak suara. "Jadi pengesetan logistik mulai kami lakukan agar aktivitas logistik tidak terhenti," ujarnya.

Disinggung soal logistik lainnya, Nuril melanjutkan untuk kekurangan kotak dan bilik suara sudah dikonfirmasi segera dikirim KPU Pusat. Begitu juga dengan kekurangan logistik lain terus dikoordinasikan dan siap dikirim.