Tiket 3 KA Lokal Gratis, Penumpang di Solo Balapan Naik Sedikit

Sejumlah warga mengantre di loket tiket di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (13/4 - 2019). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
13 April 2019 16:30 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemberlakuan tarif tiket Rp0 untuk beberapa kereta api (KA), Sabtu (13/4/2019), disambut antusias masyarakat. Ada peningkatan jumlah penumpang di Stasiun Solo Balapan meski tidak signifikan.

Berdasarkan pantauan solopos.com di Stasiun Solo Balapan, Sabtu siang, situasi di sekitar loket pembelian tiket ramai namun tidak sampai terjadi antrean berlebihan. Di depan empat loket tiket, berdiri sekitar dua hingga tujuh orang mengantre di setiap lajurnya. Sedangkan kursi tunggu terlihat penuh.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengatakan jumlah penumpang sedikit mengalami penambahan meskipun tidak banyak. 

"Untuk Prameks memang selalu penuh. Tidak gratis pun kalau weekend selalu ada yang tidak kebagian tiket," kata dia saat ditemui solopos.com di depan loket pembelian tiket di Stasiun Solo Balapan, Sabtu.

Diberitakan, khusus Sabtu ini PT KAI memberlakukan tarif Rp0 untuk beberapa KA lokal yakni KA Prameks, KA Batara Kresna, dan KA Kalijaga. Promo KA gratis ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  

Humas Daops VI PT Kereta Api Indonesia (KAI), Eko Budiyanto, mengatakan pemberlakuan tiket Rp0, disambut antusias masyarakat. 

"Untuk Prameks menuju Solo tadi saya lihat penuh. Penumpang Prameks tiap harinya memang rata-rata full, sampai menolak dan beralih ke KA terusan. Tapi antusias masyarakat ada peningkatan di hari ini," kata dia.

Dia mengatakan meski ada pemberlakuan tiket Rp0, pihaknya tetap memperhatikan kapasitas kereta. "Bukan berarti berapapun dinaikkan. Masalah kenyamanan dan keamanan tetap diperhatikan," kata dia.