Leganya KPU Sragen, Surat Suara untuk Pemilih Akhirnya Lengkap

Sejumlah anggota staf Sekretariat KPU Sragen memilah-milah sampul yang dibutuhkan per TPS di ruang pengesetan logistik KPU Sragen, Senin (7/1 - 2019). (Tri Rahayu)
15 April 2019 14:03 WIB Moh Khodiq Duhri Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akhirnya lega karena surat suara untuk pemilih akhirnya lengkap.  KPU telah menerima suara tambahan sebanyak 54.031 lembar.

Tambahan surat suara itu untuk menutup kekurangan surat suara akibat rusak yang ditemukan saat penyortiran maupun pelipatan. Surat suara tambahan tiba di Kantor KPU Sragen secara bertahap pada Sabtu (13/4/2019) sore hingga malam. Hingga Minggu (14/4/2019) pagi, proses penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung.

Pada Minggu pukul 11.00 WIB, surat suara tambahan mulai didistribusikan ke beberapa daerah pemilihan (dapil) yang kekurangan. “Kekurangan surat suara terpenuhi. Logistik tercukupi semua. Setelah pengecekan tahap akhir, surat suara bisa langsung kami kirim mulai pukul 11.00 WIB,” jelas Komisioner KPU Sragen, Divisi Data dan Informasi, Prihantoro, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Minggu.

Pada Minggu, KPU Sragen juga mendistribusikan surat suara DPRD kabupaten. Proses distribusi surat suara DPRD kabupaten ditarget rampung pada Minggu malam.

“Surat suara DPRD kabupaten adalah kotak terakhir yang kami distribusikan. DPRD kabupaten ada enam dapil, kami berusaha menghindari kesalahan. Kalau ada kesalahan dalam pendistribusian, risikonya fatal karena besok pagi [Senin (15/4/2019)], PPK [panitia pemilihan kecamatan] mulai mendistribusikan logistik ke masing-masing PPS [panitia pemungutan suara] di tiap desa/kelurahan. Pada Selasa [16/4/2019] sore, logistik sudah harus sampai ke masing-masing TPS [tempat pemungutan suara],” terang Prihantoro.

Sebanyak 54.031 lembar surat suara tambahan yang diterima KPU Sragen, paling banyak adalah surat suara DPR Dapil 4 Jawa Tengah yakni 30.718 lembar. Disusul surat suara DPRD provinsi Dapil 6 Jawa Tengah dengan 18.814 lembar.

“Untuk surat suara tambahan DPRD kabupaten semalam kami terima dalam 11 kardus. Satu kardus isinya sekitar 500 surat suara. Tambahan surat suara DPRD kabupaten di enam dapil sudah ada semua. Jadi, semua kekurangan surat suara sudah terpenuhi,” terang Prihantoro.