Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019 Boyolali Molor

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
04 Mei 2019 21:45 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali untuk menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 pada Sabtu (4/5/2019) dipastikan molor.

Dari total 19 kecamatan, dalam rapat yang berlangsung Kamis (2/5/2019) itu KPU Boyolali baru menyelesaikan rekapitulasi 11 kecamatan. Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin mengatakan dalam sehari rata-rata rapat pleno yang diselenggarakan di Semar Resto tersebut menyelesaikan rekapitulasi empat kecamatan.

Itu pun harus dilakukan sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dini hari berikutnya. “Sehari selesai 4 kecamatan sehingga untuk 19 kecamatan kemungkinan besar tidak bisa selesai hari ini [Sabtu],” ujarnya saat ditemui di sela-sela rapat.

Dia berharap rekapitulasi sisa kecamatan lainnya dapat diselesaikan Minggu (5/5/2019). “Harapannya Minggu malam bisa selesai. Kalau tidak selesai ya terpaksa diperpanjang lagi harinya,” ungkapnya.

Ali menambahkan rekapitulasi dengan pembacaan masing-masing PPK membutuhkan waktu lama. Selain itu, ada kendala administrasi sehingga menambah waktu rekapitulasi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Boyolali Taryono mengatakan selaku pengawas akan terus mengikuti jalannya kegiatan. “Kalau sekarang waktunya jadi molor ya tidak apa-apa, selama masih dalam masa tahapan rapat pleno hingga 8 Mei,” ujarnya.