Solopos Hari Ini: SMS Iklan Awal dari Penipuan

Harian Umum Solopos edisi Rabu (7/8 - 2019).
07 Agustus 2019 10:20 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Banyak pengguna telepon seluler (ponsel) mengeluhkan kian maraknya pesan promo, iklan, hingga penawaran pinjaman secara instan melalui layanan pesan pendek atau short messages service (SMS). Tak hanya mengganggu, SMS blast ini berpotensi menjadi modus penipuan, khususnya pinjaman tanpa agunan dan pengajuan kredit tanpa perlu pengecekan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, pelanggan pun mempertanyakan keamanan nomor pribadi mereka dan adanya kemungkinan penyalahgunaan data. Tiga nasabah sebut saja namanya Mawar, Melati, dan Kamboja, yang jadi korban pinjaman online (pinjol) atau teknologi finansial (tekfin) ilegal kepada Espos mengaku awalnya menerima SMS dari nomor tak dikenal.

Ulasan mengenai penipuan pinjaman uang online itu mnenjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (7/8/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, ada kabar meninggalnya Maimoen Zubair di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini. Maimoen Zubair meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi saat menunaikan ibadah haji.

Mbah Moen Ingin Meninggal di Makkah Selasa

K.H. Maimoen Zubair yang akrab disapa Mbah Moen wafat di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8/2019). Mbah Moen wafat saat menunaikan ibadah haji. Dia sempat dirawat di Rumah Sakit An Noor, Kudai.

Walaupun sepuh, Mbah Moen dikenal sebagai sosok istikamah dalam menunaikan ibadah. Mbah Moen bahkan selalu berupaya menunaikan ibadah haji setiap tahun agar ibadahnya konsisten.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar mengenai aglomerasi angkutan umum di Solo. Ada pula kabar pembobolan kartu ATM di Boyolali.

Solo-Sangiran Awali Aglomerasi

Penyediaan layanan transportasi massal koridor Solo-Sangiran-Sumberlawang menjadi prioritas dalam program aglomerasi angkutan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) pada 2020. Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen, Bintoro Setiyadi, mengatakan sebelumnya Pemprov Jateng memprioritaskan penyediaan layanan transportasi koridor Terminal Tirtonadi Solo-Terminal Pilangsari Sragen.

Belakangan penyediaan layanan transportasi koridor Tirtonadi-Sangiran-Sumberlawang lebih diprioritaskan ketimbangkan koridor Tirtonadi-Pilangsari. "Alasannya karena Pemprov Jateng ingin layanan transportasi itu bisa mendukung pariwisata di Situs Sangiran. Jadi, nanti bus dari Solo akan masuk ke wilayah Sangiran kemudian kembali ke jalur Solo-Purwodadi menuju Gemolong dan diteruskan ke Sumberlawang," papar Bintoro kepada Espos, Selasa (6/8/2019).

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Tukar Kartu ATM, Pembobol Kuras Rp250 Juta

Subroto, 51, warga Cepogo, Boyolali, menjadi korban tipu daya. Akibatnya, uang senilai sekitar Rp250 juta di dalam rekening bank berpindah ke rekening orang lain. Peristiwa ini sudah terjadi beberapa waktu lalu.

Bermula pada Kamis (20/7/2019), saat korban sedang berada di Surabaya, dia pergi ke sebuah ATM Bank Mandiri untuk mengecek saldo. Saat itu, dia bertemu orang lain yang tak dikenal yang berpura-pura melakukan transaksi di ATM tersebut. Kepada korban, orang tak dikenal itu mengaku memiliki dana besar dan menawarkan dana bantuan untuk pembangunan masjid dan berjanji menghubungi korban sewaktu-waktu.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.