SOLOPOS.COM - Caleg DPRD Klaten dari Partai Gerindra, Hariyanto. (Istimewa/dokumentasi Hariyanto)

Solopos.com, KLATEN — Calon anggota legislatif (caleg) petahana DPRD Klaten dari Partai Gerindra, Hariyanto, untuk sementara meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) IV Klaten.

Perolehan suara Hariyanto berdasarkan hasil penghitungan sementara di laman pemilu 2024.kpu.go.id yang diperbarui terakhir pada Sabtu (17/2/2024) pukul 19.30 WIB mencapai 2.604 suara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dibandingkan caleg dari partai lain di dapil yang sama, termasuk dari PDIP, perolehan suara sementara Hariyanto masih unggul jauh. Sebagai informasi, caleg PDIP di dapil IV perolehan suaranya masih di bawah 2.000.

Misalnya Sutarna yang tercatat baru meraih 1.623 suara dan Andy Purnomo yang baru meraih 1.233 suara. Perolehan suara itu masih sangat berpotensi berubah karena progres data yang masuk hingga Sabtu pukul 19.30 WIB baru 53,48%.

Hariyanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (18/2/2024), mengaku optimis bakal kembali lolos ke DPRD Klaten pada Pemilu 2024. Perolehan suaranya pun diperkirakan lebih tinggi dibandingkan perolehan suara Pada Pemilu 2019 silam.

Hariyanto maju bersama delapan caleg Partai Gerindra lainnya di Dapil IV yang meliputi wilayah Delanggu, Juwiring, Wonosari, dan Ceper. Pada periode 2019-2024, Hariyanto menjadi Wakil Ketua DPRD Klaten. .

Berdasarkan catatan Solopos.com, Hariyanto menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak untuk perolehan suara individu pada Pemilu 2019. Saat itu, Hariyanto memperoleh 16.372 suara.

Soal peluang suaranya di Pemilu kali ini, Hariyanto mengatakan tetap menunggu penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten. Namun, Hariyanto optimistis perolehan suaranya secara individu pada Pemilu kali ini lebih tinggi dibandingkan Pemilu lima tahun lalu.

Dari penghitungan internal Partai Gerindra Klaten, pada Pemilu kali ini perolehan suaranya secara keseluruhan lebih dari 18.000 suara. “Kami tetap menunggu hasil resmi dari KPU,” kata Hariyanto.

Disinggung strategi menjaga suaranya tetap tinggi, Hariyanto mengatakan tak ada kiat khusus. Dia menjelaskan semua berawal dari niat. “Sejak awal saya niatkan agar sisa hidup saya bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu tetap menjaga tingkah laku di masyarakat. Tentu amanah dan tetap membina dan menjaga konstituen menjadi hal penting,” kata pria asal Kecamatan Delanggu itu.

Hariyanto menjelaskan apa pun hasil dari penghitungan resmi KPU nantinya patut disyukuri. Dia mengapresiasi kerja keras timnya dan menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah memercayakan suara mereka.

Soal peluang perolehan kursi DPRD Klaten untuk Partai Gerindra pada Pemilu 2024, Hariyanto yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Klaten kembali menegaskan tetap menunggu hasil resmi dari KPU. Namun, dia berharap Partai Gerindra bisa meraih tujuh kursi atau minimal enam kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya