SOLOPOS.COM - Menu Mi Ayam Bakso di Bakso Titoti Wonogiri (Istimewa/Instagram @baksotitiotiwonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Wisata kuliner menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu libur lebaran bersama keluarga tercinta. Jika Anda sedang mudik ke Wonogiri, berikut deretan rekomendasi destinasi wisata kuliner legendaris yang wajib dikunjungi:

Bakso Titoti

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Siapa yang tidak kenal Bakso Titoti, salah satu warung bakso legend di Wonogiri. Warung bakso ini sudah eksis sejak 1980-an. Ada dua outlet Bakso Titoti di cabang Wonogiri.

Masing-masing beralamat di Jl Sudirman, Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, tak jauh dari Pasar Kota Wonogiri, dan Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo, Brubuh, Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo.

Merek dagang bakso ini juga memiliki 18 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Seperti bakso khas Wonogiri lainnya, Bakso Titoti juga memiliki ciri khas berkuah bening lantaran dibuat dari air rebusan tulang sapi.

Tekstur bakso Wonogiri sangat lembut dan kenyal lantaran campuran daging sapi dan tepung dengan takaran khusus yang digiling halus. Selain ragam bakso, warung ini juga menyediakan menu mi ayam dengan beberapa pilihan topping, sop kaki daging sapi, ayam kremes, dan siomay goreng.

Lontong Opor Mbah Bhet

Warung Mbah Bhet yang terkenal dengan menu lontong opornya kini berlokasi di depan Stasiun Wonogiri dan menjadi andalan para penumpang KA yang mau naik atau baru saja turun di stasiun tersebut untuk sarapan atau makan siang.

Lokasi warung ini sebelumnya berada di depan Toko Sembodro depan Pasar Kota Wonogiri dan baru beberapa tahun lalu pindah ke depan Stasiun Wonogiri. Ulasan di Google Reviews banyak yang memuji lontong opornya yang legend.

Botok Ikan Bu Karni

Lokasi Warung Botok Ikan Bu Karni ini cukup jauh dari Terminal Tipe C Wonogiri tapi bisa dijangkau dengan naik angkuta trayek Terminal Tipe C-Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Warung ini tepatnya berada di jalan Wonogiri-Pracimantoro, Kedungareng, Desa Sendang, Wonogiri. Dari ulasan pelanggan di Google Review banyak yang memuji menu botok ikan maupun ikan goreng serta sambalnya yang nikmat.

Tongseng Bu Parmi

Warung makan Tongseng Bu Parmi yang berada di Lantai II Pasar Kota Wonogiri sudah ada sejak 43 tahun lalu. Menu yang dijual di warung ini yakni tongseng, gulai, satai, dan soto dari daging sapi, kambing, dan ayam.

Kuah tongseng dan gulai ala Parmi kental dan sangat terasa rempah-rempahnya. Daging sapi maupun kambing di warungnya pun empuk. Tidak sulit untuk dikunyah. Mereka yang datang ke warung ini banyak dari kalangan dewasa hingga paruh baya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya