SOLOPOS.COM - Umbul Gedaren Klaten. (Istimewa/Instagram @bal.andra)

Solopos.com, KLATEN – Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah mempunyai julukan Kota Seribu Umbul.

Dijuluki demikian karena di Kabupaten Klaten banyak terdapat sumber mata air atau umbul yang telah menjadi tempat wisata dan banyak dikunjungi oleh Masyarakat baik dari dalam maupun luar Kabupaten Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten melakukan himpunan data pada  2015 terkait mata air atau umbul yang ada di Kabupaten Klaten.

Menurut BPS, terdapat sebanyak 174 mata air atau umbul yang ada di Klaten, tersebar di berbagai kecamatan.

Keberadaan umbul di Kabupaten Klaten ini menjadi salah satu sarana wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kecamatan yang memiliki umbul antara lain Kecamatan Prambanan, Kecamatan Gantiwarno, Kecamatan Bayat, Kecamatan Trucuk, Kecamatan Kalikotes, dan Kecamatan Kebonarum.

Kemudian, Kecamatan Jogonalan, Kecamatan Manisrenggo, Kecamatan Karangnongko, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Ceper, Kecamatan Pedan, dan Kecamatan Wonosari.

Kemudian, Kecamatan Polanharjo, Kecamatan Karanganom, Kecamatan Tulung, Kecamatan Jatinom, Kecamatan Kemalang, Kecamatan Klaten Selatan, dan Kecamatan Klaten Utara.

Kecamatan Manisrenggo dan Kecamatan Tulung merupakan kecamatan yang paling banyak memiliki umbul di Kabupaten Klaten.

Dua kecamatan tersebut masing-masing memiliki  24 mata air atau umbul. Berikut ini merupakan beberapa umbul yang wajib dikunjungi ketika sedang mengunjungi Kabupaten Klaten.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu umbul yang ada di Kabupaten Klaten. Umbul ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten yang memiliki sumber mata air jernih dan segar.

Wisata Umbul Ponggok merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Klaten dan memiliki banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar Kabupaten Klaten.

Melansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id yang diakses pada Sabtu (5/8/2023), Umbul Ponggok menawarkan  wahana snorkling dan diving di bawah perairan umbul, bukan laut.

Wahana ini menyediakan pengabadian fpto atau video di dalam air bagi pengunjung dengan berbagai tema dan properti yang bisa digunakan.

Untuk dapat menikmati pesona indah Umbul Ponggok, pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000 per orang.

2. Umbul Manten

Umbul Manten merupakan salah satu umbul terkenal yang ada di Kabupaten Klaten. Letaknya ada di Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat Klaten.

Umbul Manten ini menyediakan beragam fasilitas seperti warung wisata, gazebo, toilet, ruang ganti, tempat sewa pelampung, dan lain sebagainya.

Umbul Manten juga menyediakan berbagai spot foto menarik dan keindahan umbul dengan air yang jernih dan segar yang dapat menenangkan pikiran dan memanjakan mata.

Umbul Manten buka setiap hari pada pukul 06.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk ke Umbu Manten juga sangat terjangkau, yaitu Rp6.000 per orangnya.

3. Umbul Gedaren

Umbul Gedaren merupakan salah satu umbul yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan di Kabupaten Klaten.

Umbul ini terletak di Jalan Klaten-Jatinom Nomor 7, Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Umbul Gedaren memiliki nama lain, yaitu Umbul Tirto Pawitro Sari.



Umbul Gedaren memiliki air yang jernih dan segar dengan udara yang sejuk dan asri. Air yang ada di Umbul Gedaren dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Umbul Gedaren tidak memiliki jam tutup, tempat ini selalu buka 24 jam tiap harinya. Jika berkunjung ke Umbul Gedaren, pengunjung tidak perlu merogoh kocek karena berkunjung ke umbul ini tidak dikenai biaya sepeserpun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya