SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani (kiri) saat mengambil formulir bakal calon wakil gubernur pada PIlgub Jateng 2024 di Kantor DPD PDIP Jateng, Senin (27/5/2024). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani, resmi mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur atau cawagub Pilkada Jateng 2024 dengan mengembalikan formulir pendaftaran menjelang penutupan penjaringan di DPD PDIP Jateng, Kamis (30/5/2024).

Mulyani menjadi satu-satunya perempuan yang mendaftar sebagai cawagub di DPD PDIP Jateng. “Alhamdulillah sesuai dengan komitmen saya dalam mengambil formulir pendaftaran, saya mengembalikan pada 30 Mei. Saya kembalikan ke DPD di last minute, 30 menit sebelum penutupan,” kata Mulyani saat ditemui Solopos.com di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu (1/6/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mengenai dirinya yang menjadi satu-satunya perempuan di bursa cawagub Jateng dari PDIP, Mulyani mengaku sebelumnya tidak mengetahui. “Saya juga tidak tahu. Ternyata memang hanya satu perempuan. Karena prosesnya kan terbuka. Saya pikir yang daftar dari kaum perempuan banyak, ternyata saya sendiri ta dari perempuan,” kata Mulyani.

Dengan menjadi satu-satunya perempuan yang berebut rekomendasi menjadi cawagub Jateng dari PDIP, Mulyani berharap bisa menjadi virus positif untuk perempuan Klaten maupun Jateng. “Harapannya semangat ibu ketua umum [Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri), semoga sedikit netes ke saya dan perempuan di Jateng,” jelas Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengambil formulir pendaftaran bakal cawagub Jateng di DPD PDIP Jateng pada Senin (27/5/2024). Kala itu ia mengatakan selama dua periode menjabat sebagai bupati dengan berbagai dinamika yang muncul, dia berharap bisa mengabdikan diri menjadi pelayan masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.

“Kalau memang diridai Allah, kami melengkapi, kerja sama dengan calon gubernur yang akan sama-sama proses tahapannya masih cukup panjang. Niat saya untuk Klaten dan Jateng melanjutkan perjuangan,” kata Mulyani.

Sri Mulyani juga menjelaskan niatannya mendaftar sebagai bakal cawagub Jateng untuk mendorong kaum perempuan bangkit. Ia menilai di era sekarang tidak ada lagi diskriminasi, tidak ada perbedaan laki-laki dan perempuan, semuanya sama.

“Kaum perempuan memang tidak lepas kodratnya sebagai ibu, namun sebagai sosok warga negara memberikan yang terbaik untuk warga membawa Jateng semakin hebat dan semakin keren,” jelas Ketua DPC PDIP Klaten itu.

Dia mengungkapkan niatannya ikut penjaringan bakal cawagub Jateng juga atas dorongan berbagai elemen masyarakat. Dia termotivasi dengan semangat Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Sosok Bu Ketua Umum usia sudah sangat matang tetapi semangatnya masih berapi-api. Walaupun jauh semangatnya hebatnya, saya ingin mengikuti semangatnya ibu Ketua Umum,” jelas Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya