SOLOPOS.COM - Suasana Alun-alun Utara, Solo, Kamis (16/3/2023) pagi. Alun-alun Utara menjadi bagian yang akan direvitalisasi tahap satu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) mulai dilelang pekan depan, termasuk menyasar alun-alun utara dan selatan.

Putra Mahkota Keraton Solo K.G.P.A.A. Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram menjelaskan revitalisasi alun-alun utara Solo nantinya direvitalisasi tanpa pagar supaya masyarakat bisa menikmati tata kota dan tata Keraton Solo yang dipercantik.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal itu mengemuka pada pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Keraton Solo, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng Direktorat Jenderal Cipta Karya di Balai Kota Solo, Selasa (4/7/2023).

Hadir dari Keraton Solo, yakni Prameswari Dalem G.K.R. Pakoe Boewono dan Putra Mahkota Keraton Solo K.G.P.A.A. Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram.

Wali Kota Gibran menjelaskan revitalisasi tahap awal berupa kawasan Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan dengan pendanaan dari APBN. Revitalisasi itu dilakukan dengan tahun jamak.

“September sampai Juni 2024. Itu konstruksi,” kata Gibran ditemui wartawan setelah melakukan pertemuan tertutup.

Gibran menjelaskan Pasar Cinderamata serta pasar-pasar lainnya di kawasan Alun-alun Utara ikut dalam proyek revitalisasi. Pemerintah bakal menyediakan tempat khusus bagi para pedagang.

Gibran tidak mau memberitahukan total dana APBN untuk revitalisasi Keraton Solo pada tahap awal. Pagu anggaran bisa diketahui ketika masuk lelang pada pekan depan yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya