SOLOPOS.COM - Ratusan wisatawan berkunjung ke Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Senin (2/5/2022). Umbul Ponggok yang menawarkan pesona underwater masih menjadi magnet bagi wisatawan di Tanah Air. (Solopos.com/Fahmi Ghiffari)

Solopos.com, KLATEN — Seorang pengunjung Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, meninggal dunia setelah penyakit asmanya mendadak kambuh, Minggu (3/3/2024). Pria berinisial IA, 42, itu diketahui berasal dari Kecamatan Kasihan, Bantul, DIY.

Sebelum sakit asmanya kambuh dan meninggal, IA sempat berenang di umbul tersebut. Kapolres Klaten, AKBP Warsono, melalui Kasi Humas AKP Abdillah, membenarkan ada kejadian tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Korban memiliki riwayat penyakit asma. Tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan fisik,” kata Abdillah kepada Solopos.com, Minggu (3/3/2024).

Peristiwa pengunjung meninggal di Umbul Ponggok, Klaten, itu terjadi pada Minggu sekitar pukul 15.30 WIB. Awalnya, IA datang ke Umbul Ponggok bersama istri dan seorang anaknya dengan mengendarai mobil.

Setelah masuk ke lokasi wisata, IA berenang sendirian. Sementara istri dan anaknya tidak ikut berenang. “Kira-kira baru 15 menit berenang, IA kelelahan dan tidak bisa berenang kemudian meraih pelampung di dalam kolam,” kata Abdillah.

Mengetahui suaminya melambaikan tangan, istri IA berteriak meminta tolong. Petugas Umbul Ponggok bergegas menolong dan membawa IA ke tepi kolam. Saat dibawa ke tepi kolam, IA masih dalam kondisi sadar.

Petugas umbul kemudian memberikan pertolongan pertama kepada pria tersebut. “Istrinya juga memberikan obat asma,” kata Abdillah.

IA kemudian dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans milik Bumdes Ponggok didampingi istri dan petugas umbul. Sampai di rumah sakit, IA langsung diperiksa dokter di IGD.

Namun, ternyata IA sudah meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. “Atas meninggalnya korban, istri maupun keluarga dapat menerima dan mengikhlaskan serta tidak akan menuntut secara hukum,” jelas Abdillah.

Pelaksana Public Relation Umbul Ponggok, Klaten, Agus Santosa, juga membenarkan ada seorang pengunjung yang meninggal akibat sakit asmanya kambuh. Dia menjelaskan korban meninggal dunia bukan karena tenggelam di umbul.

“Iya, karena serangan asma, tidak tenggelam. Informasi dari istrinya seperti itu [memiliki riwayat sakit asma]. Selalu bawa obat asma,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya