SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendidikan. (Solopos/Wishnu Paksa)

Solopos.com, BOYOLALI — Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Boyolali bakal dimulai pada pertengahan Juni 2023 ini. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait PPDB tersebut.

SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali Nomor 421/7391/4/1/2023 itu berisi Petunjuk Operasional Standar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Surat itu bertanda tangan Kepala Disdikbud Boyolali, Darmanto.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan salinan SK yang diterima Solopos.com, Jumat (2/6/2023), SK tersebut berisi penjelasan terkait jalur PPDB SMP negeri di Boyolali, pengumuman pendaftaran, jadwal dan pelaksanaan PPDB SMP Negeri, persyaratan PPDB, PPDB SMP swasta, dan lain-lain.

Tercatat ada empat jalur PPDB SMP negeri di Boyolali yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua atau wali, dan jalur prestasi. Zonasi adalah sistem pengaturan proses PPDB sesuai wilayah tempat tinggal.

Jalur afirmasi diperuntukkan calon peserta didik baru yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dibuktikan dengan suarat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan orang tua.

Kemudian, jalur PPDB prestasi yakni jalur yang menggunakan seleksi prestasi calon peserta didik. Pada huruf D SK tersebut tertulis PPDB SMP negeri di Boyolali pada 2023 ini akan dilaksanakan secara daring lewat satuan pendidikan dengan jadwal verifikasi data pada 16,17, 19, dan 20 Juni 2023.

Sedangkan jalur prestasi, afirmasi, dan mutasi akan dilaksanakan pada 21-23 Juni 2023 dan jalur zonasi dilaksanakan pada 26-28 Juni 2023.

“Pengumuman hasil seleksi afirmasi, mutasi, dan prestasi 24 Juni 2023. [Jalur] zonasi 30 Juni. Pendaftaran ulang 3-6 Juli 2023, awal tahun pelajaran 2023/2024 pada 17 Juli 2023,” bunyi SK tersebut seperti yang dikutip Solopos.com.

Syarat PPDB SMP Negeri

Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMP yang mengikuti PPDB dan diserahkan saat verifikasi berkas/pengambilan akun pendaftaran meliputi:

  1. Formulir pendaftaran yang diisi calon peserta didik
  2. Fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus SD/MI/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SD/MI/ijazah Program Paket A/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SD yang telah dilegalisir pejabat berwenang
  3. Fotokopi (serta menunjukkan aslinya) akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 15 tahun pada awal tahun pelajaran baru 2023/2024 atau 1 Juli 2023 dan belum menikah
  4. Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun atau Surat Keterangan domisili dari RT/RW diketahui Lurah/Kades setempat, yang menerangkan peserta didik bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun per 1 Juli 2023.
  5. Bagi calon peserta didik dari Pondok Pesantren menyertakan surat keterangan bahwa pondok pesantren bersangkutan terdaftar pada Educational Management Islamic System (EMIS) yang diterbitkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  6. Jalur afirmasi, menyertakan fotokopi serta menunjukkan aslinya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dilegalisir Lurah/Kepala Desa
  7. Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali
  8. Untuk jalur prestasi menyertakan: a) Fotocopy nilai rapor 5 semester untuk mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika (kelas IV semester 1 dan 2, kelas V semester 1 dan 2, kelas VI semester 1); b) Fotokopi legalisir pejabat berwenang untuk piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan untuk jalur prestasi; c) Jika calon peserta didik memiliki piagam penghargaan lebih dari satu kejuaraan dipilih salah satu yang memiliki nilai tertinggi.

Jadwal dan Syarat PPDB SMP Swasta di Boyolali

PPDB SMP swasta Boyolali dilaksanakan secara luring (offline) dengan jadwal pendaftaran 16 Juni-14 Juli 2023. Pengumuman hasil seleksi 15 Juli 2023, pendaftaran ulang 15 Juli 2023, dan awal tahun pelajaran baru 2023/2024 dimulai 17 Juli 2023.

Persyaratan PPDB SMP swasta di Boyolali antara lain:

  1. Formulir pendaftaran yang diisi calon peserta didik
  2. Fotokopi Ijazah SD/MI/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SD/MI/ijazah Program Paket A/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SD yang telah dilegalisir pejabat berwenang;
  3. Calon peserta didik dari Pondok Pesantren menyertakan surat keterangan yang menyatakan bahwa pondok pesantren terdaftar pada Educational Management Islamic System (EMIS) dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  4. Persyaratan selain hal-hal tersebut diatas diatur oleh masing-masing sekolah.

Pengumuman PPDB secara lengkap dapat diperoleh melalui Kantor Disdikbud Boyolali, papan pengumuman satuan pendidikan penyelenggara PPDB, dan website resmi PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 Disdikbud Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya