SOLOPOS.COM - Seorang pekerja menata roti yang akan disajikan untuk tamu saat acara peringatan haul di Masjid Ar-Riyadh, Pasar Kliwon, Rabu (1/11/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Selain nasi kebuli khas Timur Tengah, panitia peringatan Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi juga menyiapkan 2.000 roti untuk menjamu tamu dan jemaah. Usaha pembuatan roti bagian dari bisnis yang dijalankan keturunan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di kompleks Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Acara haul diperkirakan diikuti oleh puluhan ribu jemaah yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Biasanya, mereka datang secara bergelombang sebelum pelaksanaan haul. Acara haul bakal dibuka dengan membaca Surat Yasin, tahlil, membacakan sejarah singkat hidup Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Acara haul direncanakan dimulai pukul 09.00 WIB, Sabtu (4/11/2023). Sebelum acara haul dimulai, keluarga inti dan tamu undangan terlebih dahulu sarapan dengan memakan roti.

“Jumlah roti yang disiapkan sebanyak 2.000 roti. Ini buat sarapan pagi sebelum acara haul dimulai. Untuk tamu undangan juga,” kata seorang keturunan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, yakni Habib Ali bin Hasan Al Habsyi, Rabu (1/11/2023).

Jumlah roti yang diproduksi cukup banyak hingga ribuan potong roti. Karena itu, proses produksi dilakukan sejak beberapa hari lalu. Para pekerja memproduksi roti mulai pagi hari hingga sore hari. Ribuan roti itu disimpan di rak khusus dan akan dihidangkan untuk tamu undangan saat acara haul.

“Ada relawan dari warga yang membantu memasak nasi kebuli dan roti. Untuk nasi kebuli memang cukup banyak. Nanti akan dibagikan kepada jemaah yang mengikuti haul,” papar dia.

Panitia menyiapkan 5 ton beras dan 500 ekor kambing untuk menyambut para tamu dan jemaah. Panitia bakal membagikan nasi kebuli seusai acara haul. Nasi kebuli itu disajikan di nampan besar yang dimakan secara bersama untuk lima orang-10 orang.

“Biasanya, jemaah tidur di trotoar depan masjid sebelum acara haul. Jemaah yang berasal dari daerah lain biasanya datang sehari sebelum acara haul,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya