SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi menerima Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 yang diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (29/8/2023). (Istimewa/Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kabupaten Sukoharjo kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini, Sukoharjo menyabet tiga penghargaan Nirwasita Tantra.

Masing-masing diraih oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani; Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi; dan atas nama Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam kategori kabupaten sedang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 diserahkan di Gedung Manggala Wanabakti kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Selasa (29/8/2023). Penghargaan diterima secara langsung oleh Bupati Sukoharjo dan Ketua DPRD.

“Penghargaan ini merupakan yang keenam kalinya diterima oleh Kabupaten Sukoharjo,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto, Selasa (29/8/2023).

Agus membeberkan penghargaan tersebut diperoleh empat kali secara berturut-turut pada 2019, 2020, 2021 dan 2022. Di waktu sebelumnya, penghargaan serupa juga telah diterima pada 2017.

Agus mengatakan Nirwasita Tantra 2022 dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun 2021. Dokumen tersebut berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas dan respons yang telah dilakukan oleh Pemkab Kabupaten Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

Agus juga mengatakan penilaian tersebut meliputi dokumen IKPLHD yang memuat inovasi-inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup. Di antaranya program kampung iklim daerah (Proklim), pengembangan ekowisata berbasis pengelolaan sampah dan wisata sungai, resik-resik sungai, program konsolidasi lahan pertanian, integrated farming, pengelolaan sampah di TPS Desa melalui pengembangan maggot lalat BSF dan pemanfaatan gas methane di TPA Mojorejo.

“Semoga penghargaan Nirwasita Tantra ini dapat lebih menyemangati masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” harapnya.

Mengutip dalam laman ppid.menlhk.go.id, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD atas kepemimpinannya yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menganugerahkan Nirwasita Tantra kepada Pimpinan DPRD Tingkat Kabupaten, Kota dan Provinsi, Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta para Kepala Daerah. Pemberian penghargaan berlangsung di Jakarta, Selasa (29/8/2023),

Menteri Siti mengungkapkan Pemerintah melalui KLHK menyampaikan apresiasi berupa penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra atas kinerja Daerah dalam mengelola lingkungan hidupnya. Ia turut mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah, Pimpinan DPRD, dan Entitas Pemerintah Daerah yang menerimanya.

“Belum semua daerah dapat terpilih untuk menerima penghargaan ini, namun tentu kita tetap semangat dalam mengelola lingkungan hidup dengan lebih baik lagi untuk dapat menerima penghargaan pada tahun berikutnya,” ujar Menteri Siti.

Menteri Siti juga mengungkapkan sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, peraih penghargaan Nirwasita Tantra akan dilaporkan kepada Kementerian Keuangan sebagai pertimbangan untuk pengalokasian Dana Insentif Daerah dari Bidang Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Artinya dukungan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan dapat berjalan harmonis antara pemerintah pusat, dalam hal ini KLHK dengan Pemerintah Daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya