SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani berfoto bersama juara I, II, dan III saat Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2024 di Taman Budaya Suryani, Sabtu (15/6/2024) malam. (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-Rangga Satria Putra Pratama dan Athalia Shafa’ Putri Aninda menyabet juara juara I Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2024. Pasangan Rangga-Athalia menyisihkan sembilan pasangan lainnya dalam grand final pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo 2024 yang digelar di Taman Budaya Suryani Sukoharjo (TBSS), Sabtu (15/6/2024) malam.

Para finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2024 telah mengikuti serangkaian seleksi seperti tes tertulis, wawancara, orientasi lapangan hingga masa karantina di hotel. Mereka juga telah menjalani adu bakat dan potensi diri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo Setyo Aji Nugroho mengatakan ada lima dewan juri yang menilai penampilan, kemampuan dan potensi setiap pasangan. “Ada beberapa kriteria penilaian termasuk tata busana, kepribadian dan budaya setiap pasangan. Dewan juri memberikan penilaian sesuai keahliannya masing-masing. Pasangan Rangga-Athalia mampu meraih nilai tertinggi,” kata dia.

Mas dan Mbak Sukoharjo 2024 yang jadi duta wisata ini diminta membantu mempromosikan produk unggulan dan objek wisata di Sukoharjo. Saat orientasi lapangan, para finalis Mas dan Mbak Sukoharjo 2024 diajak mengunjungi desa wisata kreatif di Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo dan We Land Sunrise di Desa Kamal, Kecamatan Bulu.

Potensi pariwisata di Kabupaten Jamu cukup menjanjikan dan bisa dikembangkan ke depan. Pengembangan sektor pariwisata membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang bisa menciptakan branding Sukoharjo sebagai daerah wisata.

“Para duta wisata Sukoharjo menjadi agen promosi pariwisata untuk memperkenalkan beragam potensi destinasi wisata di Sukoharjo,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani berharap pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo tidak hanya agenda seremonial yang digelar setiap tahun namun harus memberikan kontribusi nyata terhadap sektor pariwisata dan industri kreatif di Sukoharjo.

Para duta wisata Sukoharjo memiliki peran strategis dalam membangun branding wisata agar lebih dikenal masyarakat. “Apabila sektor pariwisata tumbuh dan berkembang bakal berimplikasi positif mendongkrak pendapatan asli daerah [PAD] Sukoharjo,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya