SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M Said Hidayat, menyerahkan hadiah kepada pemenang Boyolali Metal Wall Climbing Competition 2023 di area panjat tebing Siswodipuran, Boyolali, Minggu (12/11/2023) sore. (Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Athaya Khairul Anas dari Climania Bantul menjadi juara I kategori umum putra ajang Boyolali Metal Climbing Competition 2023 yang berlangsung Kamis-Minggu (9-12/11/2023) di area panjat dinding wilayah Siswodipuran, Boyolalia.

Sementara itu pada kategori umum putri, juara I diraih Mayra Azalia Nabila dari Wilmar RHC Gresik. Total ada 295 atlet yang berkompetisi dalam Boyolali Metal Climbing Competition.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mereka terbagi dalam delapan kategori yaitu kategori lead U-13 putra, U-13 putri, U-16 putra, U-16 putri, U-19 putra, U-19 putri, umum putra, dan umum putri.

Babak final berlangsung Minggu sore dilanjutkan penentuan juara I-III di masing-masing kategori. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Boyolali, M Said Hidayat, turut hadir dan memberikan hadiah berupa piala dan uang kepada para jawara.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com pada Senin (13/11/2023), berikut daftar lengkap juara Boyolali Metal Wall Climbing Competition 2023 se-Jawa dan Bali:

Kategori U-13 Putra
Juara I: Nauval Steven Ibrahim dari Toke Surabaya
Juara II: Akbar Alfadi Mukti dari Frogteam Climber Jakarta
Juara III: Muhammad Raihan Pramudya Ukail dari SMP 1 Purwokerto

Kategori U-13 Putri
Juara I: Mayra Azalia Nabila dari Wilmar RHC Gresik
Juara II: Asifatur Rohmah dari Wilmar RHC Gresik
Juara III: Marstya Salimah Jilanafrah Asaini dari Climania, Bantul, Yogyakarta

Kategori U-16 Putra
Juara I: Athaya Khairul Anas dari Climania, Bantul, Yogyakarta.
Juara II: Icuk Wibianto dari Mapsa Climbing School
Juara III: Raden Fakhri Nugroho Putro Widarto dari RHC

Kategori U-16 putri
Juara I: Taqqiya Nur Aziza dari FPTI Kota Yogyakarta
Juara II: Naura Jinan Syarifah dari Climania
Juara III: Nurani Hamlatu Syaadah dari FPTI Sragen

Kategori U-19 putra
Juara I: Wahyu Ragil Widyatama dari Gopala Jepara
Juara II: Ainun Khotib dari Babon Kids Pemalang
Juara III: Ramaski Aswin Kristanto dari PPLP DIY

Kategori U-19 putri
Juara I: Ansya Syira Asea Aurora Soeradi dari PPLP DIY
Juara II: Sisilia Putri Kusuma Wardani dari FPTI Kota Blitar
Juara III: Nilam Miftakhul Jannah dari Climania Bantul

Kategori Umum Putra
Juara I: Athaya Khairul Anas dari Climania Bantul
Juara II: Icuk Wibianto dari Mapsa Climbing School
Juara III: Wahyu Ragil Widyatama dari Gopala Jepara

Kategori umum putri
Juara I: Mayra Azalia Nabila dari Wilmar RHC Gresik
Juara II: Taqqiya Nur Aziza dari FPTI Kota Yogyakarta
Juara III: Naura Jinan Syarifah dari Climania

Salah satu pemenang, Ansya Syira Aurora Soeradi, mengaku bersyukur atas kemenangan yang telah ia raih. Ia menjelaskan agenda Boyolali Metal Wall Climbing bukan lomba pertama yang ia ikuti. Ia rajin menjadi juara dalam kompetisi panjat dinding.

Ia menjelaskan pertama kali bergabung ke dunia panjat tebing sejak umur 12 tahun. Saat ini umurnya 17 tahun, sehingga Ansya telah lima tahun menekuni dunia tersebut.

Ansya mengaku pernah bertanding di berbagai daerah seperti di Jepara, Aceh, Bangka Belitung, Yogyakarta, dan daerah lain. “Sebelum bertanding ke sini, saya latihan sepekan intens tiap pagi dan sore di sela-sela sekolah. Latihan speed terus,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com seusai lomba, Minggu.

Lebih lanjut, walaupun area panjat tebing Boyolali masih baru, Ansya menjelaskan arenanya telah sesuai standar sehingga tidak ada hambatan. “Enggak ada masukan, sudah standar, aman-aman saja,” jelas siswa SMAN 1 Kretek, Bantul, tersebut.

Sementara itu, Bupati Said bersyukur dengan sarana panjat dinding yang baru saja diresmikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali pada pertengahan Oktober 2023 tersebut dapat menunjang lomba se-Jawa-Bali.

“Ketika yang dibangun bisa termanfaatkan dengan baik ini, dapat menjadi satu hal yang dapat memberikan dorongan dukungan prestasi utamanya bagi para atlet FPTI [Federasi Panjat Tebing Indonesia] Boyolali,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya