SOLOPOS.COM - Foto penyerahan piala saat turnamen basket se-Karesidenan Solo di SMAN 1 Boyolali, Sabtu (9/9/2023). (Istimewa/SMAN 1 Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Tim SMA Insan Cendekia dan SMAN 3 Klaten menjadi juara dalam turnamen bola basket antar-SMA/SMK sederajat tingkat Karesidenan Solo di SMAN 1 Boyolali pada Sabtu (9/9/2023) malam. Turnamen bola basket bertajuk Andasya Cup tersebut diikuti 12 tim putra dan enam tim putri.

Koordinator acara, Noverisya, mengungkapkan SMA Insan Cendekia menjadi juara I tim putra setelah berhasil mengalahkan SMA Al Abidin Boarding School Solo di babak final pada Sabtu malam. Sedangkan juara III diraih oleh tim SMAN 1 Boyolali.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lalu, untuk tim putri juara I diraih oleh SMAN 3 Klaten setelah berhasil mengalahkan SMA Batik 1 Solo di babak final. Selanjutnya, ada hadiah untuk pendukung terbaik yang diraih oleh SMAIT Nur Hidayah.

Lebih lanjut, Noverisya mengungkapkan untuk juara I tim putra mendapatkan hadiah Rp2 juta, juara II Rp1,5 juta, dan juara III Rp1 juta. Lalu, juara I tim putri Rp2 juta, juara II Rp1 juta, dan pendukung terbaik Rp500.000. Selain itu, terdapat piala dan piagam penghargaan bagi para pemenang.

“Untuk pendaftaran kemarin kami buka pada 16-28 Agustus 2023 dengan biaya pendaftaran Rp400.00 per tim. Kemudian, untuk lombanya mulai tanggal 1-3 September, dilanjutkan pada 8-9 September 2023. Final pada 9 September 2023,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (10/9/2023).

Ia menjelaskan dalam turnamen Andasya Cup tersebut dibatasi 12 tim putra dan enam tim putri. Beberapa tim harus ditolak saat mendaftar karena sudah memenuhi kuota.

Noverisya mengatakan turnamen basket Andasya Cup digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 SMAN 1 Boyolali. Beberapa agenda digelar dan puncaknya ada gelar Lustrum pada 26 September 2023.

Kepala SMAN 1 Boyolali, Bambang Prihantoro, menjelaskan rangkaian kegiatan HUT ke-65 SMAN 1 Boyolali telah dimulai pada 20 Agustus 2023 berupa malam tirakatan yang diikuti keluarga besar sekolah, mulai dari siswa, guru, karyawan, dan alumni.

Pada 21 Agustus 2023 terdapat napak tilas yang dilanjutkan aneka lomba dari siswa kelas X-XII. Kemudian, ada pula agenda turnamen basket Andasya Cup.

Lalu ada donor darah dan medical check up yang dilaksanakan oleh warga sekolah, alumni, dan warga sekitar sekolah.

Bambang mengatakan guna menumbuhkembangkan jiwa usaha, dilaksanakan pula kegiatan bazar yang diikuti oleh seluruh kelas di SMAN 1 Boyolali. Untuk mengembangkan jiwa seni siswa, dilaksanakan kegiatan art space oleh perwakilan kelas XI dengan membuat kreasi ecoprint.

“Selanjutnya, sebagai bagian dari rangkaian acara puncak, di antaranya terdapat kegiatan gelar karya P5, apresiasi guru, dan gelar ekstrakurikuler yang diikuti oleh seluruh ekstrakurikuler di SMAN 1 Boyolali. Di sinilah para siswa menampilkan bakat dan kreativitas sesuai ekstra yang diikuti,” kata dia.

Melalui rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-65 SMAN 1 Boyolali, Bambang berharap kepada siswa agar semakin tumbuh sikap menghargai pada sejarah, sikap sosial yang tinggi, tumbuh dan berkembang sportivitas, tergali minat dan kreativitas, jiwa wirausaha, dan membiasakan mengapresiasi segala hal.

“Atas peringatan HUT ke-65 SMAN 1 Boyolali ini, kami mendorong kepada seluruh keluarga besar SMAN 1 Boyolali agar dalam diri tertanam jiwa berprestasi serta tumbuh dan berkembangnya karakter dan budaya positif dalam setiap aktivitas di sekolah. SMA Negeri 1 Boyolali tetap jaya. One team one dream,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya