SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy didampingi Kepala Dispertan PP dan dokter hewan mengecek kondisi sapi yang viral batal dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Doplang, Karangpandan, Karanganyar pada Rabu (21/6/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kasno, peternak sapi asal Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar sempat kecewa gara-gara hewan piarannya tak jadi dibeli Presiden Jokowi. Namun kekecewaan itu tak berlangsung lama setelah Jokowi memutuskan jadi membeli sapi berbobot 8,1 kuintal milik Kasno.

Semula, Kabar dibatalkannya pembelian sapi kurban Presiden Jokowi ini disampaikan langsung Kasno saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (20/6/2023). Kasno mengaku pembatalan pembelian sapi tersebut diterima pada Jumat (16/6/2023) kemarin.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat itu, Kasno dihubungi oleh pihak Sekretariat Kepresidenan yang menyampaikan jika Jokowi batal membeli sapi berbobot 8,1 kuintal tersebut.

Sapi milik Kasno berjenis Peranakan Ongole (PO). Ia memasang harga jual sapi PO Rp65 juta. Harga itu di bawah dari yang dipasang Kepresidenan untuk sapi miliknya Rp72,9 juta.

Kepala Balai Inseminasi Buatan Provinsi Jawa Tengah, Agus Sucipto, menyebutkan alasan tim Sekretariat Presiden Jokowi membatalkan membeli sapi Kasno adalah karena bobotnya yang kurang dari kriteria. Jokowi menginginkan sapi dengan berat satu ton lebih. Sementara sapi milik Kasno beratnya 8,1 kuintal.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, sempat menyampaikan siap membantu memasarkan sapi milik Kasno yang batal dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban.

Bupati akan menawarkan ke kolega, pengusaha hingga para pejabat. Bupati juga memastikan biaya pengobatan sapi itu yang diduga cacat pada bagian ekor ditanggung Pemkab Karanganyar.

Selang beberapa waktu, Kasno akhirnya bisa bernapas lega. Sapi jenis PO berbobot 8,1 kuintal miliknya akhirnya jadi dibeli Presiden Jokowi untuk kurban nanti

Kabar baik Jokowi jadi membeli sapi tersebut disampaikan langsung Kasno kepada Solopos.com, Jumat (23/6/2023) sore. Kasno mengaku telah dihubungi secara langsung oleh pihak Sekretariat Kepresidenan (Sekpres). Ia mengaku lega sapinya jadi dibeli Presiden.

“Ya alhamdulillah jadi dibeli. Barusan dapat kabar itu langsung dari Sekpres,” kata Kasno.

Istri Kasno, Sunarsih, 68, menyampaikan tim Kepresidenan datang menemui keluarganya pada Jumat (23/6/2023) sore. Mereka menyampaikan niat jadi membeli sapi untuk hewan kurban Presiden Jokowi.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Presiden yang sudah peduli dengan petani kecil. Sapi jadi dibeli untuk diserahkan ke masjid di asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali,” kata dia didampingi Kasno ketika dijumpai di rumahnya di Doplang pada Sabtu (24/6/2023) sore.

Namun soal kapan sapi tersebut akan diserahkan, Sunarsih belum menerima informasi lanjutan. Ia masih menunggu koordinasi dengan Sekretariat Kepresidenan untuk menyerahkan sapi miliknya.

Soal berapa harga sapi tersebut dibeli, dia enggan menyebutkannya. Yang jelas, dia merasa bersyukur sapi miliknya jadi dibeli Presiden untuk hewan kurban pada Iduladha 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya