SOLOPOS.COM - Kepengurusan Senkom Mitra Polri Karanganyar dikukuhkan di Pendapa RM Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Senin (2/10/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Menjelang Pemilu 2024, organisasi massa (ormas) Senkom Mitra Polri makin intesif blusukan ke masyarakat ikut menyosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan agar berjalan aman, lancar dan sukses. Senkom Mitra Polri siap membantu pemerintah di bidang kamtibmas, bela negara, dan kebencanaan.

Hal itu disampaikan Ketua Senkom Mitra Polri, KPH Katno Hadi, selepas melantik Pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar periode 2023-2028 di Pendopo RM Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (2/10/2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pengusaha asal Kota Solo ini mengatakan para anggota Senkom Mitra Polri ini wajib memiliki jiwa tanpa pamrih dalam memberi informasi Polri, khususnya bidang kebencanaan, kamtibmas, dan bela negara. Termasuk menjelang tahun politik, pihaknya membantu pemerintah menyukseskannya.

“Cara sederhana dilakukan dalam melakukan misi itu seperti sosialisasi ke lingkungan sekitar mulai angkringan dan keluarga,” kata Katno Hadi.

Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar, menurutnya memiliki 1.200 anggota aktif yang tersebar di 17 kecamatan. Jumlah ini terbanyak di Indonesia. Para anggota berasal dari berbagai latar belakang sosial mulai remaja sampai dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Senkom Mitra Polri Karanganyar ini juga menjadi pioner merekrut perempuan dalam keanggotaan.

“Senkom Karanganyar termasuk salah satu yang rajin berinovasi. Karanganyar ini mempelopori terbentuknya Senkom Wanita,” katanya.

Eksistensi Senkom Mitra Polri tak lepas dari regenerasi tanpa putus yang dibina melalui diklat.

Ketua Senkom Mitra Polri Karanganyar, Joko Sutrisno, mulai menggandeng anak-anak muda untuk terjun dalam kegiatan kemasyarakatan. Lewat organisasi tersebut, anak-anak muda juga diberi bekal nasionalisme dan pengetahuan tentang bela negara, agar rasa cinta tanah air semakin kuat.

“Jumlah anggota kami di Karanganyar saat ini mencapai 1.200-an. Dulu hanya 950 orang. Sekarang makin berkembang,” kata dia.

Di tahun politik ini, pihaknya ikut berjuang mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Secara organisasi, ia menegaskan Senkom Mitra Polri netral aktif. Artinya tidak memihak kubu manapun, namun tetap aktif terhadap situasi terkini. Para anggota Senkom yang memiliki hak pilih dilarang membawa nama organisasi dalam berpolitik.

“Hak politik itu pribadi masing-masing anggota. Secara organisasi tetap netral,” katanya.

Untuk diketahui, kepengurusan Senkom Mitra Polri Karanganyar 2023-2028 merupakan hasil Musda pada Agustus 2023 lalu. Joko Sutrisno terpilih secara aklamasi sebagai ketua untuk melanjutkan kepemimpinan di periode 2023-2028.

Pelantikan dilakukan Ketua Senkom Mitra Polri Jateng, Guntur Ivanto. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum Senkom Mitra Polri Katno Hadi dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya