SOLOPOS.COM - Tiga pemenang lomba story telling (kedua, ketiga, keempat dari kiri) berfoto bersama juri di Monumen Pers Nasional, Kamis (22/2/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo, Aji Muhammad Raihan, menyabet juara I lomba story telling yang digelar Monumen Pers Nasional (Monpers), Kamis (22/2/2024). Aji menyisihkan 30 peserta lain yang juga mengikuti lomba tersebut.

Lomba story telling itu diikuti para siswa dan siswi jenjang SMP dan sederajat di Soloraya. Lomba itu bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pers 2024 yang digelar selama sebulan penuh.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Lomba dibagi dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 13.00 WIB-14.30 WIB. Masing-masing peserta diberi waktu sekitar 10 menit untuk menceritakan sejarah dan perkembangan pers di panggung.

Seorang dewan juri dari Monumen Pers Nasional, Momon Rangg,a mengatakan Aji mengumpulkan poin tertinggi dibanding peserta lain, yakni 1.070. Sedangkan juara II diraih Ilham Bintang Assyawal dari SMPN 19 Solo. Ilham mampu mengumpulkan 1.025 poin.

“Untuk juara III diraih Melodya Flanella Anastasya dari MTsN 3 Sragen. Jadi hanya tiga peserta dengan nilai tertinggi yang meraih juara,” kata dia.

Secara umum, menurut Rangga, para peserta telah menampilkan performa terbaik saat menceritakan sejarah dan perkembangan pers di panggung.

Mereka juga tak canggung saat berbicara di depan audiens. Bahkan, beberapa peserta tampak percaya diri dengan memakai rompi dan mengalungkan kamera sebagai kostum yang identik dengan profesi wartawan.

Ada beberapa kriteria penilaian lomba story telling, yakni performance atau penampilan, pelafalan, cerita, tata bahasa, dan pemanfaatan waktu. “Ada tiga juri yang menilai penampilan masing-masing peserta di panggung,” ujar dia.

Rangga juga mengapresiasi para peserta yang telah berjuang maksimal di panggung. Mereka bisa mengasah mental dan kemampuan bicara di depan audiens. Tentunya, lanjut dia, hal ini bakal menambah percaya diri mereka yang menjadi generasi penerus bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya