SOLOPOS.COM - Pembukaan Sukoharjo Agropolitan Expo 2023 di Sentratown, Kawasan Terpadu The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (2/9/2023) malam. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo kembali berkolaborasi dengan Sentratown dalam menghadirkan Sukoharjo Agropolitan Expo (SAE) 2023 yang berlangsung di Sentratown, Kawasan Terpadu The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo pada Sabtu-Minggu (2-10/9/2023).

Gelaran tersebut mengusung konsep Gerakan Membangun Petani Milenial (Gerbang Tamu) untuk Sukoharjo Lebih Makmur, Indonesia Lebih Baik. Kegiatan tersebut dibuka pada Sabtu (2/9/2023) malam oleh Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa. Sejumlah hiburan juga disuguhkan menyambut para tamu dan pengunjung di kawasan setempat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryanto, membeberkan Farmer in town menjadi konsep layout yang dihadirkan kepada para pengunjung dalam kegiatan Sukoharjo Agropolitan Expo.

“Kami menampilkan wahana flora dan fauna, seperti domba field, bird area, kambing, ikan, tanaman hias yang dikemas menjadi sebuah wahana untuk pembelajaran masyarakat. Khususnya anak-anak agar dapat mempelajari dan mengetahui pertanian, peternakan, dan perikanan. Sehingga ke depan generasi muda akan lebih mengenal produksi pertanian Indonesia” terang Bagas dalam malam pembukaan tersebut.

Selain itu, pameran tersebut juga digelar untuk menarik minat kaum milenial agar turut terjun ke dunia pertanian. Sebab, saat ini hampir 75% mayoritas usia petani berada di atas 45 tahun. Padahal petani merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan negara dalam mengembangkan sektor pertanian.

Bagas membeberkan beberapa aktivitas penunjang turut dihadirkan selama event berlangsung di antaranya Lomba Cerdas Cermat Petani Milenial, pelayanan kesehatan hewan (vaksin dan USG), sterilasasi hewan, talkshow pertanian hingga kontes domba.

Seperti pada tahun sebelumnya, domba atau kambing milik peternak juga akan didandani dengan kostum menarik serta berlenggak-lenggok di atas catwalk yang dikemas dalam kegiatan Fashion Sheep.

Selain menampilkan produk pertanian, Sukoharjo Agropolitan Expo yang akan diselenggarakan selama sembilan hari tersebut juga menampilkan stan makanan yang dapat dinikmati masyarakat yang berkunjung.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo juga melayani pembuatan Rekomendasi Pembelian BBM Bersubsidi di Stan Dinas Pertanian dan Perikanan. Bagi petani dari wilayah Grogol, Baki, Gatak dan Kartasura diberi kesempatan lebih dekat untuk mendapat pelayanan tanpa perlu sampai ke kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo. Layanan tersebut akan di mulai pada Senin (4/9/2023).

Surat rekomendasi BBM bersubsidi tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo sebagai syarat untuk mendaftar aplikasi My Pertamina. Khususnya untuk alat dan mesin pertanian seperti traktor, pompa air, WN power thresser, combine harvester, APPO, rice transplater, serta cultivator.

“Kami berharap event ini akan menjadi event rutin setiap tahunnya dan tentunya akan menjadikan pertanian di Kabupaten Sukoharjo semakin berkembang” harap Bagas.

Sementara itu, Bussiness and Marketing Director Sentratown, Danny Johannes menyebut kegiatan tersebut akan menghadirkan kurang lebih 80 stan yang meliputi stan produksi pertanian, peternakan dan perikanan Kabupaten Sukoharjo. Selain itu ada pula stan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kuliner, serta berbagai inovasi produk pertanian.

Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 70 stan. Hal tersebut menggambarkan minat dan kemeriahan Sukoharjo Agropolitan Expo semakin meningkat.

“Sukoharjo Agropolitan Expo 2023 adalah salah satu bentuk support dari kami untuk kemajuan potensi pertanian, perikanan dan peternakan di Kabupaten Sukoharjo. Salah satunya kami berupaya menggandeng peran serta para petani milenial untuk berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan” terang Danny.

Danny juga mengajak masyarakat untuk turut hadir menikmati pameran tersebut. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Sukoharjo Agropolitan Expoacara mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya