SOLOPOS.COM - Warga mengambil air bersih bantuan dari PMI Kota Solo di Kecamatan Pasar Kliwon Solo, Jumat (22/12/2023).(Istimewa/Jumadi)

Solopos.com, SOLO – PMI Kota Solo mengirim bantuan air bersih kepada warga yang terdampak gangguan layanan Perumda Air Minum (PDAM) Kota Solo di sejumlah kelurahan di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (21/12/2023).

Kasi Pelayanan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Penanggulangan Bencana PMI Kota Solo, Jumadi, mengatakan PMI Kota Solo sudah mengirim bantuan air bersih sejak Kamis sesuai permintaan warga maupun lurah setempat. Total sudah delapan truk dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter yang menditribusikan air bersih ke warga sampai Jumat pukul 08.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami fokus di Kelurahan Mojo dan Kelurahan Semanggi pagi ini. Relawan yang terlibat dari Sibat [Siaga Bencana Berbasis Masyarakat PMI] dan KSR,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (22/12/2023) pagi.

Menurut dia, ada sejumlah wilayah yang menyediakan tandon air. Ada juga petugas dengan truk tangki melayani warga secara langsung tanpa tandon air.

Jumadi menjelaskan tidak tahu kapan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi milik PDAM Kota Solo kembali beroperasi. Namun PMI Kota Solo melayani kebutuhan air bersih sesuai permintaan warga.

Sebelumnya, Sungai Bengawan Solo kembali tercemar limbah industri. Pencemaran itu mengakibatkan terganggunya layanan Perumda Air Minum (PDAM) Kota Solo di sejumlah wilayah.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) PDAM Solo, Bayu Tunggul, menjelaskan IPA Semanggi berhenti beroperasi berdampak pada air ngitir sampai mati.

“Kurang lebih ada 6.000 pelanggan terdampak di area sekitar Kelurahan Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Kenteng, Joyosuran dan sebagian area Sangkrah,” ungkapnya.

Menurut dia, DLH Kabupaten Sukoharjo sudah melakukan sidak, Rabu (20/12/2023). Namun tidak ada solusi nyata sejauh ini.

Petugas operasional intake Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Purnomo, menjelaskan pencemaran terjadi Rabu (20/12/2023) dan mengganggu operasional IPA Semanggi pukul 05.00 WIB sampai 15.00 WIB. Operasional IPA Semanggi yang dihentikan kembali beroperasi setelah pukul 15.00 WIB.

“Namun sekitar pukul 23.00 WIB sampai 24.00 WIB petugas jaga malam menginformasikan air baku Bengawan Solo tercemar sampai saat ini. IPA Semanggi berhenti sementara,” kata dia dihubungi Solopos.com, Kamis pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya