SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo di ruang kerjanya, Senin (29/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-283 Kabupaten Wonogiri pada Mei 2024 mendatang bakal berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pemkab Wonogiri akan merayakan hari jadi tersebut secara sederhana.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan perayaan HUT Kabupaten Wonogiri pada tahun ini digelar secara sederhana karena berbagai pertimbangan. Menurut dia, saat ini masyarakat Wonogiri baru saja selesai mengikuti Pemilu 2024. Tahapan Pemilu 2024 ini juga belum selesai.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dengan kondisi itu, Pemkab tidak ingin HUT ke-283 Kabupaten Wonogiri dirayakan secara besar-besaran seperti menggelar konser musik yang bisa ditafsirkan berbeda oleh sejumlah pihak. Di sisi sisi lain, secara bersamaan tahapan Pilkada 2024 juga sudah mulai bergulir pada Mei mendatang.

“Nanti perayaannya upacara saja seperti biasa,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (29/4/2024). Bupati yang akrab disapa Jekek itu mengatakan pasca-Pemilu 2024, Pemkab Wonogiri ingin melakukan cooling system atau pendinginan situasi.

Dengan begitu diharapkan kondusivitas akan tetap terjaga selama masa Pemilu 2024 dan Pilkada 2024. Di samping itu, lanjut dia, anggaran yang biasanya untuk perayaan akbar Hari Jadi Kabupaten Wonogiri untuk tahun ini bisa digeser untuk program-program prioritas pembangunan kabupaten.

Program itu misalnya peningkatan infrastruktur jalan kabupaten, revitalisasi Lapangan Pringgodani, dan sejumlah program prioritas lain yang belum mencapai target. Dia menambahkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Wonogiri pada saat ini pun berbeda dibanding tahun-tahun lalu.

Tahun ini banyak warga Wonogiri yang mayoritas sebagai petani terdampak fenomena El Nino. Hasil panen pertanian mereka tidak optimal bahkan tidak sedikit yang gagal. ”Dalam keadaan seperti ini, menurut kami tidak etis, kurang pas kalau kami malah mengadakan kegiatan ramai-ramai untuk HUT,” ucap dia.

Catatan Solopos.com, pada perayaan HUT ke-282 Kabupaten Wonogiri tahun lalu, Pemkab Wonogiri mengadakan festival. Rangkaian acara hari jadi itu digelar selama lebih dari dua pekan.

Pada saat itu beberapa acara yang dilaksanakan antara lain Wonogiri Expo, turnamen bola voli, lomba e-sport, pengajian akbar, hingga konser musik grup pop Noah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya